Monday, May 12, 2014

Mengapa Jakarta Macet Setiap Harinya? Ini Pendapat Polisi

Mengapa Jakarta Macet Setiap Harinya? Ini Pendapat PolisiJakarta - Hampir setiap hari jalanan di Jakarta selalu macet terutama di saat pagi dan sore hari banyak masyarakat yang berlalu lalang menggunakan kendaraan. Lalu sebenarnya apa yang membuat Jakarta menjadi macet setiap harinya?

Menurut Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Lalu-lintas Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Warsinem, ada banyak faktor yang membuat Jakarta menjadi macet setiap hari.

Kepolisian mencatat setiap hari (pagi dan sore) kebutuhan perjalanan perhari orang itu sebanyak 20,7 juta, yang menggunakan kendaraan bermotor 56,8 persen, dan yang menggunakan Kereta Api sebanyak 2 persen.

Selain itu dikarenakan juga adanya pertumbuhan kendaraan bermotor kurang lebih sebesar 11,26 persen sedangkan pertumbuhan jalan hanya 0,01 persen dalam setiap tahunnya.

Pada tahun 2013 lalu jumlah kendaraan roda 4 dan roda 2 sebanyak 16.116.325 unit, dengan perincian untuk roda empatnya sebanyak 4.102.284 unit dan roda dua sebanyak 12.014.041 unit.

"Perbandingan 5 tahun yang lalu, kondisi jalanan di Jakarta dengan sekarang bagaimana? Sudah jelas banyak perubahan ditambah lagi pertumbuhan kendaraan setiap tahun yang terus meningkat, ini menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan di Jakarta," beber Warsinem di sela-sela acara seminar Road Safety di Universitas Bakrie, Senin (12/5/2014).

Tak hanya itu, pertumbuhan pusat perbelanjaan, perumahan dan lain sebagainya juga menjadi salah satu penyebab macetnya di Jakarta. Seharusnya pertumbuhan yang seperti itu harus didukung juga oleh pembangunan jalan yang merata.


0 comments:

Post a Comment