Monday, May 12, 2014

Apa Mungkin Minta Pemilik Mobil LCGC Isi Pertamax?

Apa Mungkin Minta Pemilik Mobil LCGC Isi Pertamax?Jakarta - Kendaraan Low Cost and Green Car seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio Satya dan Datsun GO+ Panca sejak awal didesain pemerintah untuk kalangan ekonomi menengah yang selama ini hanya mampu menggunakan motor.

"Kalau orang dengan kemampuan ekonomi menengah mampunya beli mobil LCGC yang notabene harganya jauh lebih murah dari jenis mobil non-LCGC, apa ya mungkin pemilik mobil LCGC disuruh beli bahan bakar lebih mahal dari mobil non-LCGC?" tanya Hermawan, Otolovers, dalam surat elektronik yang diterima detikOto, Senin (12/5/2014).

Kebijakan LCGC, sejak awal menurutnya merupakan kebijakan yang salah dari pemerintah.

"Lebih baik aturan untuk pengisian bahan bakar ditiadakan saja, dan lebih baik pajak kendaraan bermotor saja nilainya ditingkatkan atau dinaikkan dan sebagian hasilnya diperbantukan untuk subsidi BBM lagi, daripada nanti akhirnya kalau kebijakan pengaturan jenis pengisian bahan bakar resmi diberlakukan tambah menimbulkan banyak penyimpangan-penyimpangan di lapangan," papa Hermawan.

Mushlih Handika Nasution menambahkan logikanya saja, mobil LGCC mengincar kaum yang tidak bisa membeli mobil.

"Kalau beli mobil saja tidak bisa kok disuruh pakai BBM non subsidi, kenapa tidak mencabut pemakaian BBM subsidi ke seluruh pengguna mobil yang bukan LGCC. Karena yang lebih kaya kan mereka," ujarnya.

Otolovers lainnya, Dwiki Kurniawan malah meminta pemerintah segera menaikkan harga BBM. Dida menyarankan pemerintah melakukan penghapusan subsidi BBM secara bertahap, dan di sisi lain, menyiapkan solusi lain seperti mobil listrik dan menyiapkan angkutan massal.


0 comments:

Post a Comment