Wednesday, October 22, 2014

Airbag Jelek, Takata dan Honda Dituntut

Airbag Jelek, Takata dan Honda DituntutWashington - Krisis recall airbag yang diproduksi oleh Takata Corp masih terjadi. Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memperluas recall itu menjadi 6,1 juta unit mobil di Amerika Serikat (AS).

"NHTSA mendesak Toyota, Honda, Mazda, BMW, Nissan, Mitsubishi, Subaru, Chrysler, Ford dan General Motors untuk segera bertindak mengganti airbag Takata yang rusak," tulis NHTSA seperti dilansir laman Autonews, Rabu (22/10/2014).

Sebelum diperluas menjadi 6,1 juta kendaraan, NHTSA sebelumnya mengeluarkan pernyataan ada 4.740.000 kendaraan yang menggunakan airbag dari Takata. Akibat kasus ini saham Takata langsung melorot 23 persen pada hari Selasa di Tokyo. Dengan demikian sepanjang tahun 2014 ini, saham Takata mengalami penurunan sampai 44 persen.

"Lebih dari 6 juta kendaraan yang terlibat dalam kasus penarikan itu," tambahnya.

Secara keseluruhan menurut NHTSA diperkirakan ada 7,8 juta kendaraan di seluruh AS yang mengalami masalah airbag Takata.

NHTSA juga mengatakan estimasi terbaru dari kendaraan yang berpotensi tekena dampak suatu waktu dapat berubah karena mungkin ada 1 kendaraan yang dihitung lebih dari 1 kali.

Sementara itu dilansir Reuters, saking banyaknya airbag yang jelek ini, muncul tuntutan hukum pada mobil Honda. Setidaknya sudah ada 2 tuntutan hukum karena kasus ini.

Airbag buatan Takata mengembang terlalu kuat dan menyebarkan komponen logam pada penumpang di kendaraan.


0 comments:

Post a Comment