Wednesday, October 8, 2014

Musim Panen di Pantura Dorong Penjualan Motor

Musim Panen di Pantura Dorong Penjualan MotorJakarta - Penjualan sepeda motor di pasar roda dua nasional sepanjang September lalu mencapai 711,057 unit. Tidak mencapai rekor memang, tetapi dengan penjualan sebanyak itu, maka penjualan motor sepanjang tahun ini telah mencapai 6.079.915 unit.

"Jumlah penjualan pada September itu, meningkat 15,96 persen dibanding Agustus," tutur Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Menurut Sigit kenaikan penjualan kendaraan roda dua itu didorong oleh beberapa faktor, salah satunya adalah musim panen di beberapa daerah.

"Musim panen di wilayah Pantai Utara Jawa, dan panen CPO dan kakao di Sulawesi dan Sumatera sangat berpengaruh terhadap penjualan,” ujarnya.

Sementara menyinggung penurunan penjualan sepanjang Juli lalu yang melorot 28,47 persen dibanding bulan sebelumnya, Sigit memastikan hal itu bukan karena faktor daya beli masyarakat. Menurunnya angka penjualan itu dikarenakan jumlah hari kerja yang lebih sedikit, yakni hanya tiga pekan.

"Karena banyak hari libur dan lebaran, plus ada kendala distyribusi karena jembatan Comal di Jawa Tengah rusak. Jadi bukan karena daya beli," ucapnya.

Terbukti, pada bulan Agustus telah naik kembali sebesar 13,73 persen atau sebanyak 5.368.858 unit.


0 comments:

Post a Comment