Tuesday, October 14, 2014

Nissan: Pemerintah Sudah Siap dengan Mobil Bahan Bakar Gas?

Nissan: Pemerintah Sudah Siap dengan Mobil Bahan Bakar Gas?Denpasar - Di negara lain sudah sibuk menghadirkan mobil yang ramah lingkungan, salah satunya adalah CNG atau bahan bakar gas. Pemerintah Indonesia juga nampaknya cukup latah dan mulai memperbincangkan hal itu kepada para produsen mobil.

Tapi, yang menjadi persoalan adalah, ketika para produsen mobil sudah siap menjual mobil berbahan bakar gas, infrastruktur seperti SPBG-nya belum memadai.

Menurut General Manager Marketing Communication & Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin, seharusnya pemerintah lebih serius untuk bisa menghadirkan mobil berbahan gas.

"Mobil CNG di Thailand kita sudah punya. Seperti Navara, Silvi, dan Almera itu sudah punya, poinnya adalah kita sudah bisa membuat mobil CNG. Tapi di Thailand pemerintahnya memfasilitasi, dan pertanyaannya bagaimana dengan pemerintah kita?" katanya.

Menurut Budi, pemerintah Indonesia sepertinya harus melihat Thailand jika ingin benar-benar melahirkan mobil berbahan gas.

"Saat mobil berbahan gas pertama kali hadir di Thailand, pengisiannya sangat lama satu mobil itu bisa satu jam. Tapi semakin lama mereka semakin maju, dan mereka mampu mengisi bahan bakar dengan waktu yang lebih pendek," ujarnya.

"Ini tugas pemerintah sebagai fasilitator, di Thailand misalnya harganya Rp 200 juta. Konsumen akan mendapat potongan kira-kira Rp 16 juta. Dan kalau udah ada yang pakai CNG, konsumen akan diberikan konverter kit secara gratis. Intinya pemerintah Thailand sangat serius menghadirkan kendaraan LCGC," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment