Monday, March 10, 2014

TVS Siapkan Apache 250cc

TVS Siapkan Apache 250ccJakarta - Niat produsen motor India, TVS, untuk bermain di segmen motor 250 cc nampaknya sudah kuat. Tahun depan, motor sport bermesin seper-empat liter akan diperlihatkan oleh si kuda merah.

Kepala R&D TVS Motor Vinay Harne mengatakan kalau perusahaan mereka telah memiliki sejumlah rencana perluasan segmen di masa depan dan dia perkirakan akan ada motor 250 cc TVS di tahun depan. Motor sport 250 cc yang dimaksud Vinay ini sangat mungkin merupakan hasil dari kolaborasi TVS dengan BMW.

Seperti diketahui, dua pabrikan motor beda benua, TVS dan BMW Motorrad ini memang sudah bergandengan tangan sejak tahun lalu untuk menciptakan sebuah motor.

Sebab saat ini TVS hanya memiliki motor bermesin di bawah 200 cc, sementara BMW Motorrad memiliki motor bermesin di atas 600 cc. Keduanya pun bersinergi untuk mereduksi kesenjangan kapasitas mesin yang ada dikeduanya. Bila keduanya mengembangkan motor sendiri-sendiri maka biaya riset dipastikan akan membengkak.

Karena itulah, kerja sama antar pabrikan diperlukan untuk meminimalisasi pengeluaran. Pada kerja sama itu, TVS nantinya akan mengucurkan 20 juta euro.

Kabar yang telah lama beredar menyebutkan kalau dari perkawinan ini TVS berencana untuk memproduksi motor bermesin 250 cc, sementara BMW akan membuatnya diatas 250 cc tapi di bawah 500 cc.

Rumor kemudian makin menguat setelah TVS memperlihatkan produk konsep terbarunya di ajang Auto Expo 2014 beberapa waktu lalu dengan label TVS Draken, sebuah Streetfighter bermesin 250 cc meski saat itu TVS mengklaim kalau desain Draken merupakan asli tanpa campur tangan BMW Motorrad.

Untuk jantung pacunya TVS Dranken mampu dibekali mesin berkapasitas 250 cc dengan 38,5 hp pada 12.000 rpm dengan torsi maksimum 23 Nm pada 9.500 rpm.


0 comments:

Post a Comment