Wednesday, January 21, 2015

Wow, Honda Patenkan Motor Sport 3 Roda

Wow, Honda Patenkan Motor Sport 3 RodaTokyo - Motor roda 3 dipopulerkan pertama kali oleh pabrikan Italia, Piaggio dengan MP3 dan Quadro 350D, Peugeot menyusul dengan Metropolis-nya, kemudian ada lagi Yamaha Tricity. Kini Honda pun sudah melirik si roda tiga.

Dilansir motorcycle, pabrikan asal Jepang Honda sudah mendaftarkan paten motor 3 roda mereka di Japanese Patent Office.

Namun dalam gambar desainnya, terlihat Honda 3 roda ini tidak akan berbentuk skutik. Dan Honda desain kali ini terlihat akan menggunakan sasis dan mesin milik Honda NC700S (motor streetbike berkapasitas 670 cc).

Dan memastikan perbedaan mendasar kepada pabrikan lainnya, yang memilih menjadikan motor 3 roda mereka dalam bentuk skutik.

Akan tetapi sistem suspensi yang digunakan terbilang mirip dengan pabrikan lainnya. Yakni menggunakan Suspensi Parallelogram, yang menjamin motor 3 roda akan mudah meliak-liuk, dan tidak akan bermasalah jika bertemu dengan jalanan berlubang.



Suspensi kanan dan kiri pada 2 roda akan berperan masing-masing, dan tidak akan berjalan bersamaan. Hal ini yang membuat motor ini begitu asyik untuk dikenadarai.

Dan yang paling berbeda dari pabrikan lainnya ialah sistem kerja suspensi yang diberikan. Honda menggunakan suspensi single upper arm dan separate arms. Sehingga saat hendak berbelok kanan atau kiri, atau kendaraan tengah miring suspensi ini memiliki dua sudut yang berbeda agar kendaraan tetap stabil.

Meski patennya sudah didaftarkan, belum tentu juga Honda akan memproduksi model ini. Hasil akhir mungkin akan jauh berbeda dengan yang dipatenkan.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment