Thursday, February 5, 2015

Enfield, Mobil Listrik yang Terlupakan

Enfield, Mobil Listrik yang TerlupakanEnfield - Mobil listrik Nissan Leaf yang diproduksi di Sunderland, Inggris, telah kondang di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda, jauh sebelum mobil itu tersohor, ada satu mobil listrik asli Inggris yang telah dibuat, Enfield 8000, hanya nasibnya tak seberuntung Leaf.

Seperti dilansir Autoblog, Enfield dibuat pada 1970, di Enfield, Inggris. Kelahirannya menurut BBC merupakan buah dari lomba kreativitas menciptakan mobil bertenaga setrum yang digelar oleh United Kingdom Electricity Council, pada 1966.

Hasil kreativitas itu kemudian diberikan kepada lembaga itu untuk kemudian diproduksi secara massal. Mobil yang desainnya mirip dengan Morris dan dinamai Enfield 8000 itu resmi mengaspal pada 1970.

Sumber tenaganya berasal dari delapan baterai 6V monoblok yang menyuplai arus setrum ke sebuah motor listrik. Dengan sumber tenaga itu, mobil ini mampu melaju hingga 76,8 km/jam, dan berakselerasi dari 0 - 48 km/jam dalam waktu 12 detik.

Namun penjualannya di Inggris tak semencorong yang diharapkan. Walhasil, setelah tiga tahun atau tepatnya pada 1973, proses produksi dipindahkan ke Yunani.

Hanya, nasibnya tak berubah meski telah hijrah. Penjualannya masih saja lemot, sehingga pabrikan pembuatnya memutuskan untuk mengakhiri produksi.
Kini, salah satu dari Enfiled 8000 yang pernah dibuat dimiliki oleh seorang jurnalis Inggris, Jonny Smith.

Namun, dia mengganti motor dan baterai listrik Enfield 8000 lansiran 1974 itu dengan perangkat yang baru agar mampu melesat lebih cepat.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment