Thursday, February 5, 2015

Produsen Minta Pajak Sedan Diturunkan, Ini Kata Menperin

Produsen Minta Pajak Sedan Diturunkan, Ini Kata MenperinPurwakarta - Baru-baru ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta agar pemerintah bisa menurunkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil jenis sedan. Soalnya, PPnBM sedan masih tergolong tinggi sehingga menyebabkan harga sedan menjadi mahal.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto mengatakan, pihaknya sedang mengusulkan kepada pemerintah untuk bisa menurunkan PPnBM sedan dari 30 persen menjadi 10 persen.

"Kami usulkan kepada pemerintah melalui Gaikindo, Bapak-bapak di Perindustrian tolong dong PPnBM sedan diturunkan jadi 10 persen," kata Jongkie di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, pihaknya sudah menerima permintaan Gaikindo tersebut. Namun, kata Saleh, untuk menghasilkan dampak positif, ia harus berkoordinasi dengan kementerian terkait.

"Tentu nanti pasti kita koordinasi dengan kementerian-kementerian terkait, dalam hal ini dengan Kementerian Keuangan," kata Saleh di sela acara Peresmian Pabrik Furukawa Indomobil Battery Manufacturing di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (5/2/2015).

Dengan begitu, kata Saleh, hasil diskusi tersebut tidak akan membuat Pemerintah maupun produsen otomotif mengalami kerugian.

"Produsen maupun negara jangan sampai ada yang dirugikan. Ya win-win solution," katanya.


0 comments:

Post a Comment