Thursday, February 5, 2015

Motor Skutik Ngebut di Sirkuit

Motor Skutik Ngebut di SirkuitSubang - Tepat 1 Februari 2015 kemarin, Fino Owner Indonesia (FOI) Chapter Bandung mengajak para anggotanya dan para pengguna Fino, untuk cornering sembari Fun Race di Sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat.

Ajang yang digelar kedua kalinya oleh FOI ini, dilakukan bukan lain demi mengasah skil berkendara para anggota FOI.

Sambutan hangat dari para anggota pun terlihat dari banyaknya peserta yang datang dari berbagai daerah. Diantaranya FOI Chapter Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon dan Purwokerto.

"Kami anak motor yang benar-benar mementingkan safety riding. Bukan cornering liar dijalanan yang sangat membahayakan para pengguna jalan. Maka itu kami melakukannya di sirkuit," tegas Ridho PJS Wakil Patih Nusantara, dalam rilis yang diterima detikOto.

"FOI mendukung kegiatan positif track day seperti ini, ini adalah bagian mengasah skill di jalan (selain touring tentunya) dengan mengelola dan melatih kemampuan berkendara, jadi semua orang mungkin bisa naik motor tapi apakah mampu mengendalikannya,” tambah Achobule selaku Dewan Syuro FOI.

Selanjutnya dikatakan ada tiga elemen penting yang harus dimiliki setiap pengendara, yaitu Search, Evalute, Execute. Dan track day merupakan latihan untuk mengasah ketiga elemen tadi, karena di sirkuit unsur safetynya lebih baik ketimbang di jalan raya.

Dijelaskan yang dimaksud dengan search ialah bagaimana pengendara bisa mengamati dan mencari potensi bahaya di sekeliling secara terus-menerus selama berkendara. Seperti mengamati area depan, samping dan belakang melalui spion.

Begitu juga dengan Evaluate yakni bagaimana mengantisipasi dan membayangkan kemungkinan yang dapat terjadi secara terus menerus, jadi setiap langkah yang diambil ketika berkendara sudah dibayangkan dan ‘dihitung’ efeknya.

Terakhir Execute alias eksekusi, bagaimana cara pengendara mengatur kecepatan, posisi, memberi sinyal pada pengendara lain pergerakan motor saat manufer dan refleks yang terkoordinasi.

"Selanjutnya kami akan buat acara Fun Race Khusus Pengguna Fino. Ya bisa di bilang Fino Race Day," tutup Tyo selaku PJS Patih Nusantara FOI.

0 comments:

Post a Comment