Friday, February 6, 2015

Gaikindo: Soal Mobnas Tergantung Pemerintah

Gaikindo: Soal Mobnas Tergantung PemerintahJakarta - Berita cukup mengejutkan datang dari Malaysia. Pabrikan Malaysia, Proton meneken nota kesepahaman dengan PT Adiperkasa Citra Lestari yang dipimpin AM Hendropriyono untuk memproduksi mobil nasional.

Ketua IV Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Rizwan Alamsjah menyatakan, untuk soal mobnas, sepenuhnya merupakan murni dari inisiatif pemerintah bukan dari swasta.

"Ya kan mobil nasional sih itu target pemerintah, saya juga belum tahu jelas. Tapi mobil nasional itu benar-benar suatu inisiatif dari pemerintah bukan swasta, kami ikut saja," kata Rizwan di kantornya, Jakarta.

Menurut Rizwan, jika mobil nasional hasil kerja sama dengan Proton itu benar-benar masuk ke Indonesia, beberapa pabrikan siap menjadi pesaingnya. Rizwan menganggap, mobil nasional itu seperti mobil baru yang menjadi pesaing baru.

"Kalau dia ada hadir di pasar kita sebagai salah satu pesaing saja," kata Rizwan.

Rizwan pun menyambut baik kerja sama ini. Sebab, menurutnya pasar Indonesia merupakan pasar yang sedang bertumbuh pesat.

"Kami menyambut baik karena pasar otomotif itu kan tumbuh, itu saya sendiri belum tahu detail, dan baru tahu niat itu. Kami sendiri masih belum tahu apa maksudnya. Tapi yang jelas, kami menganggap itu salah satu produk yang akan datang, seperti merek-merek lain yang baru masuk ke Indonesia," ujarnya.

"Saya rasa kenapa mereka mau masuk, karena pasar Indonesia itu baik. Ke depan itu penjualan akan berlipat-lipat kali. Mereka ingin eksis di situ. Jadi wajar jika mereka ingin masuk ke Indonesia," tambah Rizwan.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment