Friday, March 13, 2015

Bingung Beda Mesin Diesel dan Bensin? Ini Jawabannya

Bingung Beda Mesin Diesel dan Bensin? Ini JawabannyaJakarta - Pabrikan otomotif banyak yang menawarkan mobil dengan dua pilihan mesin yaitu mesin bensin dan diesel. Kedua pilihan mesin itu pun punya keunggulan masing-masing.

Training Center Head Isuzu Astra Motor Indonesia Reiner Tandiono menjelaskan, perbedaan mesin diesel dengan bensin yang pertama adalah pada kompresinya. Mesin diesel memberikan kompresi yang besar.

"Perbandingan kompresi diesel 16-23:1. Kalau bensin 8-12:1," jelas Reiner di Training Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi, Kamis (12/3/2015) kemarin.

Perbedaan selanjutnya adalah metode penyalaan pembakarannya. Untuk mesin diesel tidak memerlukan pemantik seperti busi. Namun, mesin bensin masih membutuhkan busi.

"Metode penyalaan, mesin diesel terbakar sendiri, bensin butuh percikan api busi. Karena bahan bakar diesel mudah terbakar di suhu ruang yang panas," kata Reiner.

Selain itu, bensin dan diesel memiliki perbedaan tekanan kompresi. Tekanan kompresi mesin diesel mencapai 30-45 kg/cm2 sementara bensin 12 kg/cm2.

Kemudian, kata Reiner, putaran maksimal mesin diesel masih rendah. Sementara bensin memiliki putaran mesin maksimal yang tinggi.

"Putaran maksimum mesin diesel 5.000 RPM, bensin 9.000 RPM," jelasnya.



(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment