Tuesday, March 10, 2015

Lampu Belakang Bermasalah, Hyundai Tarik Sedan Genesis

Lampu Belakang Bermasalah, Hyundai Tarik Sedan GenesisJakarta - Hyundai mengumumkan penarikan terhadap sedan mewah Genesis. Pabrikan asal Korea Selatan itu terpaksa menarik 24.400 unit model Hyundai Genesis, karena masalah tampilan posisi gigi yang salah di instrument cluster.

Seperti dilansir Edmunds, Selasa (9/3/2015), posisi gigi yang salah itu bisa menyebabkan mobil bergerak ke arah yang tidak diinginkan. Hal itu dikatakan oleh Lemabaga Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Setelah dilacak, ternyata masalahnya ada pada lampu kombinasi. Lampu kombinasi itu dilaporkan mengalami kelembaban yang menyebabkan lampu indikator tidak menyala dengan normal.

Sebuah saklar pada mobil yang terkena dampak mengalirkan tegangan ke lampu back-up saat gigi mundur dipilih. Penyebabnya adalah air dari hujan maupun dari hasil cuci mobil. Air itu bisa masuk ke lampu kombinasi belakang karena segel yang tidak menutup dengan sempurna pada lampu kombinasi itu.

"Dalam kasus yang terbatas, kumpulan air dapat mempengaruhi sinyal switch," kata Hyundai kepada NHTSA.

Masalah itu menyebabkan tampilan posisi gigi yang salah pada panel instrumen. Bisa juga menyebabkan keterlambatan gigi yang dipilih saat pengemudi memindahkan tuas dari Park, Reverse atau Drive.

"Jika gigi yang salah ditampilkan, kendaraan dapat bergerak ke arah yang tidak diinginkan, meningkatkan risiko kecelakaan," kata NHTSA.

Beruntung, tidak ada laporan kecelakaan terkait masalah ini. Hyundai Genesis yang terkena dampak adalah sedan yang diproduksi pada 21 Februari 2014 sampai 24 Januari 2015.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment