Monday, March 30, 2015

Mazda Masih Betah Impor Mobil dari Jepang dan Thailand

Mazda Masih Betah Impor Mobil dari Jepang dan ThailandTangerang - Sampai saat ini mobil-mobil Mazda yang ada di Indonesia masih diimpor secara utuh (Completely Built Up/CBU) dari luar negeri. Negara basis produksi mobil Mazda yang dibawa ke Indonesia adalah Jepang dan Thailand.

Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana mengatakan, pihaknya belum memiliki rencana untuk mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Padahal, dengan mendirikan pabrik di Indonesia, harga mobil Mazda tentu akan lebih bersaing lagi dengan merek lain.

"Sampai saat ini belum ada rencana bangun pabrik (di Indonesia)," kata Astrid di Tangerang, Senin (30/3/2015) kemarin.

Ia beralasan, Mazda Motor Corporation memiliki kebijakan untuk mendirikan pabrik di beberapa negara. Menurutnya, jika Mazda ingin mendirikan pabrik di Indonesia, maka kondisi pasar di Indonesia harus dalam keadaan stabil.

"Pada dasarnya kalau bangun pabrik itu kondisi pasar harus sehat agar tidak membebani principal. Pabrik minimal harus produksi 100.000 unit per tahun," ucap Astrid.

Sebagai pembanding, sepanjang 2014 penjualan Mazda sekitar 9.000 sampai 10.000 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, pangsa pasar yang digenggam pabrikan asal Jepang ini di Indonesia mencapai 5,4 persen.

Untuk jangka pendek, kata Astrid, pihaknya belum memutuskan pembangunan pabrik di Indonesia. Sebab, Mazda tidak mau gegabah mengambil keputusan untuk mendirikan pabrik.

"Jangka pendek saya kira saat ini belum ada rencana. Kita tidak mau gegabah. Kita masih melihat terkait dengan industri otomotif di Indonesia," kata Astrid.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment