Monday, March 30, 2015

Pria Ini Dipercaya Bisa Mengembalikan Kegemilangan Datsun

Pria Ini Dipercaya Bisa Mengembalikan Kegemilangan DatsunJenewa - Renault-Nissan telah membangkitkan lagi merek Datsun untuk mengulang kembali cerita gemilang mobil yang tersohor di era 1970-an itu. Meski misi itu tidaklah mudah, Nissan menugaskan Vincent Cobee untuk mewujudkan obsesi tersebut dengan membangun dan memperkuat pasar di tiga negara, Rusia, Indonesia, India, serta Afrika Selatan.

Seperti diwartakan Automotivenews Europe, Selasa (31/3/2015), pria berusia 46 tahun itu ditugasi Chief Executive Officer Nissan, Carlos Ghosn, bukan sekadar mengembalikan keharuman nama Datsun seperti sebeluma 1980-an. Memang, nama Datsun masih melekat kuat di ingatan mereka yang berusia tertentu pada era 1970-an.

Namun tak demikian dengan konsumen di Eropa dan Amerika Serikat. "Ini lebih dari sebuah ironi, bahwa kita tidak akan kembali ke sana," tutur ayah tiga orang anak itu.

Meski begitu, Cobee tetap optimis suatu saat dia akan menemukan strategi tersendiri untuk mewujudkan target itu. Salah satu caranya, membuat posisi yang tepat bagi mobil tersebut di segmen yang disasar.

Carlos Ghosn sendiri meminta Cobee untuk membangun positioning Datsun sebagai mobil dengan harga terjangkau bagi konsumen di negara-negara berkembang.

Jika pabrikan lain menggelontorkan mobil besar dengan margin keuntungan yang tinggi ke pasar, Datsun fokus ke produk yang dijual dengan harga kurang dari US$ 7.000 atau sekitar Rp 91 juta.

Paralel dengan strategi itu, Datsun juga menempuh cara produksi di pasar yang dituju dengan menggandeng mitra setempat. Selain itu, format mobil pun disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan konsumen setempat. Ini telah terbukti di Rusia, Indonesia serta India.


0 comments:

Post a Comment