Tuesday, April 28, 2015

Ini Mercedes G-Class ala Tiongkok

Ini Mercedes G-Class ala TiongkokShanghai - Pabrikan otomotif asal Tiongkok Beijing Automotive Industry Holding Co., Ltd (BAIC) ternyata membuat langkah serupa dengan kolegonya, Jaingling yang memproduksi SUV mirip mobil buatan pabrikan terkenal asal Eropa.

Jika Jiangling disebut meniru Range Rover Evoque untuk mobil Landwind X7, BAIC disebut mencontek Mercedes-Benz G-Class untuk mobil buatanya BJ80C.

Seperti diwartakan Autoweek, Rabu (29/4/2015) kedua mobil itu diboyong ke gelaran Shagnhai Auto Show 2015 yang berlangsung pekan lalu. Memang, antara Daimlerâ€Â"induk Mercedes-Benz- dengan BAIC ada jalinan. Daimler hingga kini tercatat sebagai pemegang 12 persen saham BAIC.

Bahkan, bulan lalu pabrikan Negeri Tirai Bambu itu woro-woro akan mengambil alih 35 persen saham Mercedes-Benz di Tiongkok. Hanya saja, itu tak berarti pabrikan tersebut bisa dengan begitu mudah mencontek desain dari suatu model milik pabrikan lain yang kebetulan sebagain sahamnya digenggammnya.

Bahkan, dikabarkan seorang eksekutif Mercedes-Benz sempat mencak-mencak saat mengetahui BAIC kembali berniat meneruskan proyek penggarapan SUV yang mirip dengan model jagoannya itu. Tapi toh proyek terus berjalan pada 2011 lalu.

Memang sih, tak seratus persen desain, apalagi jeroan jantung pacunya sama. Jadi jangan berharap menemukan mesin V8 di balik bonet BJ80C. Soalnya mobil itu dibekali mesin bensin 2.400 cc empat silinder, dan 4.000 cc enam silinder.

Namun bodinya lebih besar dan panjang. Lihat saja jarak sumbu rodanya yang mencapai 110 inci. Sedangkan Mercedes G-Class hanya 94.5 inci. Begitu pun dengan pintu bagian belakang sedikit lebih panjang dan lebar ketimbang bagian yang sama pada G-Class, namun secara sekilas sangat mirip.

Meski dari samping seupa, namun dari paras depan dan belakang ternyata ada perbedaan jika diamati dengan seksama. Grill vertical dengan empat batang berukuran besar yang sejajar dengan lampu utama berbentuk bulat. Adapun bagian belakang, lampu vertical lebih menyerupai lampu kendaran komersial truk pada umumnya.

Tapi, jika melihat rumah ban cadangan yang berukuran besar dan dilapisi krom mengingatkan orang pada Mercedes-Benz G-Class yang memiliki cadangan serupa. Dan yang lebih menyesakan, saat melihat mobil itu ikut dalam barisan parade Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment