Thursday, April 9, 2015

Mobil Tanpa Sopir Bisa Bikin Orang Sakit

Mobil Tanpa Sopir Bisa Bikin Orang SakitMichigan - Mobil tanpa sopir akan menjadi kenyataan dalam waktu yang tidak lama lagi. Tetapi selain masalah keamanan ada masalah lain yang perlu diselesaikan pabrikan, mobil tanpa sopir ternyata bisa bikin orang sakit.

2 Peneliti dari University of Michigan Transportation Research Institute mengungkapkan fakta terbaru soal masa depan mobil tanpa sopir. Menurut penelitian mereka sekitar 1 dari 10 orang bakal sakit ketika menggunakan mobil autonomous ini.

Sakit apa? Mabuk di perjalanan atau istilah kerennya motion sickness. Anda bisa saja gampang mabuk ketika Anda tengah menjadi penumpang kan? Sementara kalau sedang nyetir, peluang untuk mabuk menipis.

Hal itu lah yang membuat orang gampang mabuk kalau menggunakan mobil tanpa sopir. Saat berada di dalam mobil tanpa sopir, perhatian kita bisa saja teralih dari jalanan. Atau kebetulan tengah duduk menghadap ke belakang.



Penumpang di mobil masa depan Mercy

Tubuh jadi tidak bisa mengantisipasi pergerakan kendaraan, kurang kontrol, terjadi konflik antara keseimbangan tubuh dan informasi visual. Efek dari 3 faktor ini bisa menyebabkan mabuk di jalanan.

Apalagi, menggunakan mobil tanpa sopir bisa membuat orang melakukan hal lain yang justru memperparah keadaan, seperti membaca atau menonton TV.

Para peneliti pun memberikan saran agar penumpang mobil ini tidak mabuk di jalan. Misalnya produsen mobil membuat jendela mobil yang lebih besar untuk mengurangi mabuk. Jangan lupa untuk tetap melihat ke depan ke arah jalanan.



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment