Sunday, May 10, 2015

Catat, BMW Takkan Pernah Lahirkan Pikap

Catat, BMW Takkan Pernah Lahirkan PikapMunich - BMW memang tengah serius menggarap segmen crossover dan SUV. Tapi, pabrikan asal Jerman itu belum memiliki niat untuk melahirkan pikap seperti yang sedang disiapkan pesaingnya, Mercedes-Benz.

Seperti dilansir Leftlanenews, Senin (11/5/2015), pabrikan yang berbasis di Muich, Jerman itu tidak akan mengikuti Mercedes-Benz untuk menggarap pikap mid-size. Wakil Presiden Senior Asia, Pasifik dan Afrika Selatan BMW Group, Hendrik von Kuenheim mengatakan, pihaknya ingin tampil beda dengan produsen lainnya.

"Anda harus menjadi perusahaan yang berbeda, tapi perusahaan ini belum siap untuk mengubah mesin penggerak utama dan kemewahan yang sukses ditoreh perusahaan ke arah seperti produsen mobil massal yang sedang mengarah ke pikap," kata von Kuenheim.

Pernyataan Von Kuenheim tersebut mengacu kepada Mercedes GLT-Class yang sedang disiapkan Mercy. Tidak seperti Mercy sebagai pesaingnya, BMW tidak pernah tidak pernah serius untuk mencoba di segmen kendaraan komersial.

Meski begitu, BMW setidaknya telah mengembangkan dua pikap selama sejarah panjangnya. Mobil bulat bersejarah, BMW Isetta sebelumnya juga telah tersedia dalam bentuk pikap yang dibuat langsung di pabrik BMW selama tahun 1950, tapi hanya sedikit yang dijual.

Pikap lainnya yang pernah didesain BMW adalah BMW E92 M3. Model tersebut merupakan perbuatan iseng BMW untuk merayakan April Mop pada tahun 2011 lalu. Pikap itu digadang-gadang menjadi pikap tercepat di dunia dengan tenaga hingga 420 daya kuda.

Pikap itu bahkan sudah dites di sirkuit Nurburgring. BMW mengatakan kalau ketika dites jarum speedometer mampu menampilkan kecepatan 300 km per jam.

Kemampuan itu didapat berkat sebuah mesin V8 berkapasitas 4.0 liter yang diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 414 bhp di 8.300 rpm dan torsi sebesar 295 lb-ft di 3.900 rpm hasil perkawinan dari transmisi enam percepatan manual.

Kini, BMW tetap tidak berniat memiliki lineup pikap. Pabrikan asal Jerman itu sedang menyiapkan setidaknya 3 model off-road baru di tahun-tahun mendatang, termasuk X1 terbaru dan model range-toping, BMW X7 yang siap menantang Mercedes-Benz GL dan Land Rover Range Rover.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment