Thursday, June 18, 2015

Camatte Hajime, Mobil Militer Mainan Toyota

Camatte Hajime, Mobil Militer Mainan ToyotaTokyo - Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota selalu menunjukkan konsep terbaru mobil uniknya di gelaran tahunan Tokyo Toy Show. Tahun ini, pabrikan asal Jepang itu menampilkan konsep Camatte Hajime, sebuah konsep Camatte keenam.

Seperti dilaporkan Caradvice, Kamis (18/6/2015), konsep Toyota Camatte Hajime menampilkan gaya seperti kendaraan militer yang dibuat oleh Willys untuk Angkatan Darat Amerika Serikat di Perang Dunia II. Hajime memiliki panjang 3,02 meter, lebar 1,32 m, tinggi 1,24 m dan wheelbase 1,8 m.

Mobil konsep ini menyajikan kursi untuk tiga orang penumpang. Uniknya, kursi pengemudi diletakkan di tengah, bukan di kiri atau kanan seperti mobil kebanyakan. Sementara dua kursi lagi terletak di belakangnya.

Toyota mengatakan, Camatte Hajime ini didukung motor listrik. Sayangnya, Toyota tidak memberikan rincian tentang performa mobil dan daya jangkauan motor listriknya.



Mobil konsep ini juga memiliki panel bodi swappable seperti anggota keluarga konsep Camatte sebelumnya. Selain itu, ada pula sistem pedal dan kursi pengemudi yang bisa disesuaikan.

Seperti model Camatte sebelumnya, mobil ini bisa dikendarai oleh anak-anak karena sangat aman. Di ajang Tokyo Toy Show ini, anak-anak bisa bermain di kursi pengemudi, mengatur pedal dan jok, serta bermain dengan kontrol yang ada pada mobil. Meski bisa dikendarai, Hajime akan tetap dalam kondisi diam selama acara berlangsung.

Dalam bahasa Jepang, Hajime artinya 'dimulai’, namun Toyota memberikan tafsiran baru untuk arti Hajimen yakni ‘hal yang menyenangkan baru saja dimulai’ dan ‘ada banyak lagi yang akan datang’.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment