Thursday, June 4, 2015

Jadilah Pengendara Smart di Jalan

Jadilah Pengendara Smart di JalanJakarta - Pengendara cerdas sangat dibutuhkan di tengah perubahan iklim global dan bahaya polusi udara yang membuat kualitas hidup manusia di bumi kian memburuk.

Walaupun banyak agen pemegang merek (APM) mengeluarkan produk-produk ramah lingkungan hingga mobil listrik atau hybrid, tanpa pengemudi yang pintar akan memberikan hasil yang optimal.

Ingin menjadi pengemudi cerdas? Tips berikut dapat menjadikan Anda seorang pengemudi yang terampil dan peduli lingkungan.

1. Tidak memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendara.

Terlebih lagi menginjak pedal gas sampai berulang-ulang. Mobil sekarang sudah modern sistem pelumasannya, demikian pula teknologi olinya.

Cukup panasi mobil secukupnya sampai jarum penunjuk suhu mesin bergerak dan arah putarannya stabil. Untuk yang menggunakan bahan bakar bensin, biasanya hanya sampai 5 detik putaran akan stabil.
Sedangkan untuk mobil yang jarang dipakai, panaskan kurang lebih 60 detik.

Setelah itu jalankan mobil dengan rpm rendah (1500-2000 rpm) pada gigi rendah selama kurang lebih 5 menit. Sehingga, saat berjalan, mobil juga dipanaskan. Baru setelah itu, mobil dikendarai dengan kecepatan normal. Cara ini bisa menghemat 2-3 liter bensin per bulannya.


0 comments:

Post a Comment