Thursday, July 23, 2015

Ada Pabrik Mobil China di Tangerang

Ada Pabrik Mobil China di TangerangJakarta - Pabrikan mobil asal China mulai menyangi dominasi Jepang, Korea Selatan, dan Eropa di Indonesia. Setelah pabrikan mobil asal China, Wuling bakal produksi mobil untuk pertama kali di Indonesia pada 2017, kali ini mobil Sokon buatan China akan merakit mobilnya di Indonesia juga, tepatnya di Tangerang, Banten pada akhir tahun ini.

Hal tersebut seperti diungkapkan Menteri Perindustrian Saleh Husin, usai bertemu petinggi Sokonindo Automobile di sela-sela acara Halal bi Halal di Kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/7/2015).

"Tadi ada yang baru datang akan memproduksi pada November, yaitu produksi otomotif, mobil," tutur Saleh.

Saleh mengatakan, pabrikan mobil ini memiliki pabrik di Tangerang, Banten. "Pabriknya di Banten," tuturnya.

Sementara itu, Komisaris Sokonindo Automobil Alexander Barus mengatakan, pabrik ini berlokasi di bekas pabrik motor Sanex, yang kini sudah tidak diproduksi lagi. Gedung pabrik tersebut dibuat bertingkat untuk mengakomodiasi kapasitas produksi mobil Sokon nantinya.

"Kita jadi produksi di area itu. Karena sanex itu kecil jadi dibuat 4 tingkat. Semua perizinan sudah selesai. Sekarang tahap pembangunan. November nanti commissioning, trial," kata Alex.

Perusahaan ini menggelontorkan investasi sekitar US$ 150 juta atau setara Rp 1,65 triliun untuk merealisasikan investasinya tersebut. Tahap awal, pabrik ini akan merakit produk Sokon. Artinya 100% bahan baku mobil diimpor dari China, kemudian dirakit di Indonesia.

"Investasinya sekitar US$ 150 juta," tutup Alex.

Sokon akan melengkapi produk-produk mobil China yang sudah masuk terlebih dahulu seperti Foton, Geely, Chery, Changan dan Great Wall serta Wuling yang bekerja sama dengan General Motors.


(zul/ddn)

0 comments:

Post a Comment