Tuesday, August 11, 2015

Cara Mengendarai Motor Manual

Cara Mengendarai Motor ManualJakarta - Mungkin bagi sebagian orang, motor manual disamakan dengan motor bebek yang beredar sekarang ini. Padahal motor manual adalah motor di atas motor bebek atau bisa diebut dengan motor semi automatic.

Pastinya motor manual dilengkapi dengan handle kopling. Dalam setiap kendaraan memiliki kopling yang jenisnya berbeda-beda. Kopling di sini berfungsi dalam memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi.

Di sini kami membahas motor kopling yang mempunyai handle kopling pada setang kemudinya. Biasanya motor ber cc 150 banyak yang menggunakan kopling seperti ini.

Berbeda dengan motor bebek yang sudah dijelaskan di atas, transmisi yang digunakan adalah semi automatic, hanya menginjak pedal transmisi saja untuk berpindah gigi. Tetapi, kelemahannya adalah banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut.

Oleh sebab itu motor sport menggunakan tuas kopling untuk berpindah gigi sebagai alat pemindah daya. Kalau Anda ingin memindahkan gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada pada stang kemudi. Selain itu perbedaan lainnya adalah pola pemindahan gigi.

Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Bahkan sampai ada yang memiliki 6 percepatan.

Untuk perpindahan ke gigi satu dari posisi netral, injak pedal kopling ke depan untuk 2 sampai seterusnya injak kopling ke belakang. Berikut kami jelaskan sedikit cara mengendarai motor kopling dengan mudah:


0 comments:

Post a Comment