Tuesday, August 11, 2015

Motor MotoGP Bisa Telan Biaya Hingga Rp 27 Miliar, Kenapa Mahal?

Motor MotoGP Bisa Telan Biaya Hingga Rp 27 Miliar, Kenapa Mahal? Indianapolis - Beberapa rider yang turun di balapan MotoGP menggunakan motor yang dikembangkan secara eksklusif oleh timnya. Baik tim pabrikan maupun tim satelit pasti menggunakan motor yang tidak sedikit menelan biaya pengembangan. Harganya bisa puluhan miliar rupiah.

Bahkan laman USA Today, Selasa (11/8/2015) menulis, motor yang digunakan di ajang MotoGP itu bisa menghabiskan dana hingga US$ 2 juta atau Rp 27,1 miliar. Angka itu di luar biaya yang dikeluarkan pabrikan untuk riset dan pengembangan. Jika proses R&D itu dihitung, nilainya bakal kian wah lagi.

Sebab, tim yang mendukung pebalap di MotoGP tak sembarangan mengembangkan motor itu untuk bisa finish terdepan. Campur tangan tim teknisi membuat motor itu tidak akan sama dengan motor yang diproduksi massal.

Tapi, dana sebesar Rp 27,1 miliar itu belum termasuk biaya penelitian dan pengembangan. Bisa dibayangkan seberapa mahal jika motor yang digunakan pebalap MotoGP dijual untuk umum.

Lalu, mengapa motor di MotoGP bisa menghabiskan banyak biaya? Yuk kita bahas satu per satu.

0 comments:

Post a Comment