Saturday, August 1, 2015

Wow, Toyota 86 Terbaru Bakal Pakai Teknologi KERS Mobil F1?

Wow, Toyota 86 Terbaru Bakal Pakai Teknologi KERS Mobil F1?Tokyo - Sebuah laporan tentang rencana pengembangan mobil sport Toyota 86 generasi kedua telah membetot perhatian pecinta mobil sport dunia. Maklum, laporan itu menyebut mobil yang menggunakan platform arsitektur milik Mazda MX-5 itu bakal menggunakan teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang selama ini diadopsi mobil-mobil untuk berlaga di ajang Formula 1.

Seperti dilansir Motoring, Minggu (2/8/2015), laporan itu menyebut Toyota menerapkan prinsip mobil besutannya itu haruslah berperforma tinggi, irit bahan bakar (BBM), sekaligus berharga terjangkau. Lantaran itulah, mencomot mesin milik Mazda 1.500 cc SkyActive empat silinder yang dilengkapi turbocharger dilakukan oleh pabrikan tersebut.

Mesin yang sejatinya memiliki kinerja yang mengirit BBM itu akan semakin irit, berkat penggunaan teknologi KERS. Sistem kerja dari teknologi ini adalah menyerap dan memanfaatkan energi yang biasanya terbuang di saat dilakukan pengereman mobil.

Walhasil, energi pun tak sia-sia hilang begitu saja karena didaur ulang dan digunakan sebagai pendorong laju mobil untuk melaju kencang kembali. Berkat pemanfaatan energi yang tak jadi terbuang itu pula, maka mesin tak perlu banyak menyedot BBM dari tangki.

Generasi kedua Toyota 86 itu tak lagi berbagai dengan mitra lamanya Subaru. Dua sekawan asal Jepang itu sebelumnya mobil sport kembar yakni Subaru BRZ dan Toyota 86.

Hanya, mobil ini masih jauh dari proses produksi. Konsepnya saja baru diperkenalkan 2017 mendatang, dan proses produksi diperkirakan pada 2020.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment