Tuesday, September 22, 2015

Motor di India Harus Punya ABS dan CBS pada 2018

Motor di India Harus Punya ABS dan CBS pada 2018New Delhi - Keselamatan berkendara kini menjadi sorotan pemerintah di India. Di negara tempat Taj Mahal tersebut, pemerintah ingin membuat jalan lebih aman dengan regulasi baru. Salah satunya adalah keharusan sepeda motor memiliki anti-lock braking system (ABS) dan combined braking system (CBS).

Seperti diberitakan Bikewale, Rabu (23/9/2015), Kementerian Transportasi India telah mengeluarkan rancangan baru mengenai penyematan ABS dan CBS. Kedua fitur itu harus terdapat pada kendaraan roda dua di India.

Rencananya, semua motor dengan kubikasi di atas 125cc harus dilengkapi ABS. Sementara tenggat waktu untuk semua model terbaru jatuh pada April 2015 dan model yang kini sudah dijual harus memiliki ABS dan CBS paling lambat April 2018.

Untuk diketahui, fitur ABS mampu meningkatkan pengereman pada kendaraan roda dua. Teknologi ini membuat roda tidak mengunci ketika pengereman keras atau saat panik sehingga menjamin keselamatan pengendaranya.

Sementara itu, CBS merupakan sebuah fitur yang mengombinasikan proporsi rem depan dan belakang pada skuter dan sepeda motor. Ketika pengendaranya hanya mengoperasikan salah satu tuas rem, maka rem depan dan belakang tetap beroperasi sesuai porsinya.

Wajar jika pemerintah India mengeluarkan regulasi ini. Sebab, kendaraan roda dua lebih rentan terhadap kecelakaan. Setidaknya 32.524 orang meninggal akibat kecelakaan roda dua di India pada tahun lalu.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment