Tuesday, September 22, 2015

Kapan Akan Rakit Mobil di Indonesia, MINI?

Kapan Akan Rakit Mobil di Indonesia, MINI?Senggigi - Siapa sih yang tidak kenal MINI? Apalagi kalau bicara si mungil Cooper, sudah pasti banyak pecinta otomotif yang dibuat ngiler oleh dirinya.

Tapi melihat saudaranya, BMW cukup sukses dengan Seri 3-nya berkat merakit di Indonesia. Kalau MINI juga akan merakit di Indonesia, harga MINI tentu bisa ditekan dan menjadi lebih terjangkau. Kapan MINI akan mengikuti jejak BMW?

"CKD (Completely Knocked Down/merakit) di Indonesia? I Love to do that," ujar Representative of MINI Indonesia, Anna Hemmer, di Senggigi, Lombok.

"Kebanyakan mobil kami berasal dari pabrik kami yang berada di Oxford (Inggris) dan Belanda untuk 3-pintu dan 5-pintu. Kedua pabrik itu tidak bisa mengirimkan part per part, sehingga pabrik itu tidak bisa dibuat untuk CKD (mengirimkan part ke negara lain-Red)," tambah Anna.

Meski demikian, dirinya mengakui ada juga model MINI yang dirakit di luar pabrik utama mereka.

"Hanya untuk Countryman itu kan berasal dari pabrik kami yang berada di Austria. Ini pabrik yang berbeda (bisa mengirimkan parts per parts-Red). Seperti Countryman di Thailand dan Malaysia itu di-CKD. Dan semua model itu impor CBU," katanya.

"Saya pikir kita akan mendiskusikan saat kami mendapat suksesor Countryman. Tapi untuk bisa men-CKD, itu juga dilihat dari volume (penjualan) untuk mendukung itu. Jadi untuk penerus Countryman saya berharapnya bisa di-CKD, tapi untuk sekarang kami tidak bisa memberikan konfirmasi," tutupnya.


(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment