Sunday, October 11, 2015

Tak Sanggup Beli Ferrari? Beli Sahamnya Saja

Tak Sanggup Beli Ferrari? Beli Sahamnya SajaNew York - Mobil Ferrari sudah menjadi mobil impian banyak kalangan. Dengan harganya yang bisa mencapai miliaran rupiah, ada yang sudah mampu membelinya, ada juga yang tidak. Tetapi Anda setidaknya bisa membeli saham Ferrari.

Kebetulan, mulai pertengahan Oktober mendatang, si kuda jingkrak itu akan mulai melantai di bursa saham New York. Saham Ferrari akan memiliki kode yang ikonik, ‘RACE’ dan mulai diperdagangkan pada kisaran US$ 48 sampai US$ 52 per sahamnya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (12/10/2015), Ferrari menawarkan 10 persen saham perusahaan kepada publik (IPO). Dari hasil IPO, Fiat Chrysler Automobiles selaku pemilik merek Ferrari berharap bisa meraup US$ 982 juta.

Dana itu penting bagi FCA yang ingin menaikkan penjualan global mereka menjadi 7 juta unit pada 2018. Kucuran dana segar dari publik itu juga dibutuhkan FCA untuk bersaing dengan merek mobil lainnya seperti BMW atau Volkswagen.

Dengan IPO, saham Ferrari yang dimiliki FCA akan berkurang menjadi 80 persen. Sisa saham itu sudah direncanakan FCA untuk dibagiâ€Â"bagi pada para pemegang sahamnya tahun depan.

Sisa saham 10 persen Ferrari lainnya, akan tetap dimiliki oleh Piero Ferrari, wakil chairman dan anak dari pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Piero sendiri sudah meninggal tahun 1988.

Selain itu, FCA berharap, dengan melantainya Ferrari, nilai perusahaan Italia itu akan terdongkrak menjadi US$ 9,8 miliar.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment