Tuesday, October 27, 2015

Toyota Mulai Beralih dari Bahan Bakar Minyak

Toyota Mulai Beralih dari Bahan Bakar MinyakTokyo - Pelan tapi pasti, Toyota mulai beralih dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Di Tokyo, Jepang, Toyota memperkenalkan Prius hybrid generasi terbaru.

“Saat ini ada 30 model mobil hybrid dan terus bertambah,” ujar Executive Vice President Toyota Motor Corporation Mitsuhisa Kato dalam jamuan yang dihadiri wartawan dari seluruh dunia di Tokyo, Selasa (27/10/2015) kemarin malam.

Toyota pertama kali menjual hybrid Prius pada tahun 1997 dengan mengeluarkan Prius generasi pertama. Pada tahun itu, baru ada 300 unit yang terjual. Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun, tepatnya 18 tahun, angka penjualan mobil hybrid itu sudah berlipat-lipat menjadi 8 juta lebih per bulan Juli lalu.

Selain hybrid, jenis mobil yang digunakan Toyota untuk membuat mobil BBM terlihat seperti mobil masa lalu adalah mobil hidrogen atau Fuel Cell Vehicle (FCV) yang disebut Mirai, alias masa depan.

“Kami sudah selama 20 tahun mengembangkan mobil sel bahan bakar, jadi ini adalah sebuah perjalanan panjang. Mobil hidrogen pun kini menjadi pilihan baru buat masyarakat di seluruh dunia. Kami menyadari untuk mencapai hal itu perlu perubahan, makanya ada TNGA,” ujarnya.

TNGA (Toyota New Global Architecture) adalah sebuah platform terbaru Toyota dalam memproduksi mobil yang diklaim Toyota bisa meningkatkan performa mobil, enak dikendarai namun tetap irit bahan bakar dan hemat di ongkos produksinya.

Platform TNGA itu menampilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, menjadikan pengendalian mobil yang lebih baik oleh pengemudi. Selain itu, platform tersebut juga diklaim bakal meningkatkan jangkauan pandang atau visibilitas.

Mobil pertama yang menggunakan platform itu adalah Toyota Prius generasi keempat yang malam ini diperkenalkan di Asia pertama kalinya.

Berwarna merah dengan desain yang agresif dan dinamis, mobil menarik perhatian ratusan wartawan dari seluruh dunia yang mengikuti jamuan makan malam.

“Kami percaya, TNGA akan membuat mobil yang menjadi terbaik di segmennya di setiap pasar,” ujarnya.

Dengan TNGA, Toyota ingin menjawab tantangan dalam industri otomotif, tidak hanya tahun depan saja, tetapi 100 tahun ke depan. “Dan beralih dari bahan bakar fosil,” ujarnya.

Prius pun bakal menjadi salah satu bintang Toyota di Tokyo Motor Show yang akan mulai dibuka besok untuk kalangan pers dunia.

“Salah satu bagian dari kami adalah debut perdana untuk 3 mobil konsep Toyota dan 1 mobil konsep Lexus,” ujar pria berambut putih kelahiran tahun 1953 ini.


(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment