Monday, November 23, 2015

Produksi Toyota Innova Pakai 80 Robot Baru

Produksi Toyota Innova Pakai 80 Robot BaruKarawang - Kehadiran Toyota Kijang Innova di Indonesia pada November tahun ini menjadi istimewa. Tak hanya dari segi tampilan dan mesin terbaru, dari proses produksi yang dikerjakan di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat pun menggunakan teknologi terbaru. Salah satunya dengan menambah 80 robot.

Dalam kunjungan ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, detikOto berkesempatan langsung melihat proses produksi Toyota Kijang Innova terbaru yang terletak di Plant 1. Terlihat beberapa proses produksi pengerjaan mobil menggunakan robot salah satunya pada proses welding.

Direktur Produksi TMMIN Karawang, Nandi Julyanto menjelaskan, dalam proses pengerjaan Innova terbaru memang menambahkan 80 robot. Penambahan tersebut bukan berarti mengurangi jumlah tenaga kerja manusia di pabrik namun untuk akurasi dalam produksi.

Adanya 80 robot terbaru untuk produksi Innova menggantikan 20 pegawai di proses produksi. PihaK TMMIN melakukan pemindahan tugas terhadap 20 pegawai tersebut ke dalam internal TMMIN misalnya dalam pengerjaan service part.

"Kita menambah 80 robot bukan untuk mengurangi karyawan tapi untuk akurasi. Bertambahnya 80 robot mengurangi 20 orang pegawai. Tapi bukan berarti pengurangan karyawan. Mereka kita rearrange ke dalam internal misalnya untuk frame atau service part ke pabrik Karawang dan Sunter," ujar Nandi.

"Seperti dalam proses welding karena asap dan panas jadi kita gunakan banyak robot," lanjutnya.

Dengan adanya 80 robot baru di Plant 1, dalam waktu 1.6 menit bisa menghasilkan satu unit Innova. Plant 1 TMMIN Karawang sendiri siap untuk memproduksi 130 ribu unit Innova untuk memenuhi permintaan konsumen.


(rgr/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment