Monday, November 23, 2015

Buntut Skandal Emisi, VW Putuskan Kontrak Sponsorship Klub Sepakbola?

Buntut Skandal Emisi, VW Putuskan Kontrak Sponsorship Klub Sepakbola?Wolfsburg - Buntut dari terkuaknya skandal uji emisi Volkswagen (VW) harus membayar sejumlah denda dan berbagai biaya untuk penarikan maupun perbaikan mobil. Pabrikan pun melakukan serangkaian penghematan, termasuk kemungkinan menghentikan kontrak sponsor dengan sejumlah klub sepakbola di Jerman.

Mengutip laporan mingguan Jerman Bild amd Sonntag, Reuters, Selasa (24/11/2015) melaporkan, selama ini VW mensponsori klub Hannover 96, Werder Bremen, Schalke 04, divisi dua Munich 1960 serta klub Grizzlys Wolfsburg. Tak kurang dari 1,5 juta euro atau sekitar Rp 21,87 miliar digelontorkan oleh VW ke masing-masing klub dalam setiap musim pertandingan.

Bahkan bagi klub yang berhasil menjadi juara, pabrikan yang berbasis di Wolfsburg, Jerman, itu memberi ganjaran senilai 5 juta euro atau sekitar Rp 72,91 miliar. Walhasil, saban tahunnya VW harus menyisihkan dana 11 juta euro atau sekitar Rp 160,41 miliar untuk biaya sponsor bagi klub sepakbola.

Sementara itu, klub sepakbola di divisi utama, VfL Wolfsburg telah menunda rencananya untuk melakukan pelatihan new multi-million-euro youth training center. Langkah itu dilakukan setelah terkuaknya skandal emisi VW.

Sedangkan VW diperkirakan kehilangan pendapatan hingga US$35 miliar atau sekitar Rp 479,5 triliun akibat skandal uji emisi itu. Pendapatan sebesar itu digunakan untuk membayar denda, biaya penarikan dan perbaikan mobil yang diperkirakan tersangkut dengan skandal tersebut.


(arf/rgr)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment