Tuesday, January 12, 2016

Trik Mengecek Keaslian BPKB Kendaraan

Trik Mengecek Keaslian BPKB KendaraanJakarta - Pernah memastikan bahwa BPKB Anda asli atau palsu? Jika Anda pengguna mobil second, sudah saatnya bagi Anda untuk memastikan segala persuratan asli dan bisa dipertanggungjawabkan seutuhnya.

Salah satu surat berharga kendaraan bermotor yang wajib Anda periksa ketika membeli mobil bekas adalah Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) karena menjadi syarat mutlak dan tanda kepemilikan kendaraan bermotor.

Jika mobil yang akan Anda beli tidak memilikinya atau penjual terkesan banyak alasan, sepantasnyalah Anda mencurigai kondisi tersebut.

Namun jika Anda memang sudah mendapatkan BPKB yang dimaksud, sudah saatnya Anda memastikan keabsahannya.

Dikutip dari sosialisasi yang sempat disebarkan oleh NTMC Korlantas Polri, ada beberapa syarat pasti berupa sistem keamanan yang menjaga surat tersebut terjaga keasliannya. Secara spesifik BPKB asli harus memiliki ciri-ciri khas sebagai berikut:

1. Nomor BPKB hanya diketahui pihak kepolisian. Bila ingin membeli mobil bekas silahkan cek keaslian BPKB-nya ke Samsat setempat

2. Hologram di dalam BPKB akan menampilkan gambar Tri Brata Polri, kalau diputar-putar tampak berwarna. Sedangkan yang palsu tidak ada dan tampak mulus serta hologramnya tidak tampak menampilkan seperti yang asli

3. Dengan menggunakan sinar ultra violet, akan tampak benang di dalam BPKB dan di dalam tampilan buku BPKB ada tulisan BPKB nya dan bentuknya terlihat kasar

Jika memang dirasa Anda melihat kejanggalan, silakan lakukan pengecekan nomor kendaraan bermotor ke samsat terdekat, lewat aplikasi samsat mobile atau via internet sesuai daerah Anda.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment