Tuesday, January 12, 2016

Tak Perlu Berlama-lama Panaskan Mesin Motor Injeksi? Ini Alasannya

Tak Perlu Berlama-lama Panaskan Mesin Motor Injeksi? Ini AlasannyaJakarta - Sepeda motor dengan teknologi injeksi sudah dibekali peranti elektronik yang lebih pintar dibandingkan dengan karburator.Walhasil, tak perlu memanaskan mesin motor berlama-lama sebelum digunakan.

"Untuk mengatur kebutuhan bahan bakar yang ideal sudah diatur oleh komponen elektronik yang dinamakan ECM (engine control module)," tutur Technical Service Analyst Astra Motor, Rangga Noviar, kepada detikOto melalui surat elektronik, Rabu (13/1/2016).

Sehingga, lanjutnya, saat motor pertama kali dihidupkan untuk memanaskan mesin, Anda tidak perlu menarik-tarik tuas gas. Soalnya, jika tuas gas ditarik-tarik dan memanaskan mesin motor terlalu lama, maka konsumsi bahan akan lebih boros.

"Motor berteknologi injeksi cukup dipanaskan maksimal 1 menit saja. Karena dalam rentang waktu 1 menit itu kinerja oli mesin, sistem bahan bakar dan yang lainnya sudah siap difungsikan," jelasnya.

Meski begitu, memanaskan mesin tetap diperlukan untuk memastikan oli sudah melumasi komponen mesin dengan baik. Selain itu, memanaskan mesin juga berfungsi untuk memastikan campuran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sudah ideal.

Namun bedanya, motor injeksi tak perlu dipanaskan terlalu lama. Sebab, motor dengan teknologi injeksi sudah dibekali komponen pendeteksi suhu meisn yang bisa menginformasikan ke ECM sehingga motor mudah dihidupkan.

"Hal ini berbeda dengan karburator yang masih mengandalkan tuas Choke untuk memaksimalkan asupan bahan bakar ke mesin sehingga motor bisa mudah dihidupkan," kata Noviar.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment