Monday, May 16, 2016

Kendarai Mobil Matik, Posisi Kaki Jangan Sampai Salah

Kendarai Mobil Matik, Posisi Kaki Jangan Sampai SalahJakarta - Bukan maksud untuk menuduh, terkadang kaum Hawa masih salah bagaimana cara berkendara saat menggunakan mobil bertransmisi otomatis.

Karena masih banyak ditemukan pengendara wanita yang tidak mengetahui di mana harus menaruh letak kaki kanan dan kiri saat mengendarai mobil matik. Salah satu kasusnya adalah dengan menepatkan kaki kanan di posisi pedal gas, sedangkan kaki kiri berada di pedal rem. Perlu diingat, cara itu salah seperti yang disampaikan salah satu pebalap nasional, Rifat Sungkar.

"Biasanya ini dilakukan pada ibu-ibu, mengendarai mobil matik dengan posisi kaki kanan di pedal gas dan kaki kiri di pedal rem, ini salah total," ujar Rifat.

"Karen a pengendara tidak pernah diajarkan melakukan pengereman dengan kaki kiri. Coba saja menggunakan rem dengan kaki kiri, itu pasti susah," jelas Rifat.

Rifat menambahkan, pengendara yang melakukan hal itu bisa membahayakan si pengendara pastinya.

"Untuk kendaraan matik konvensional, pertama ini jelas berbahaya. Karena feeling itu tidak bagus, kecuali pebalap. Kedua cara ini bisa membuat gearbox lebih cepat rusak. Karena ada saatnya kebiasaannya itu membuat si pengendara berpikir bahwa rem itu adalah kopling, jadi saat pedal gas diinjak rem diangkat pelan-pelan remnya pelan-pelan, itu pasti hanya akan sebentar gearbox akan jebol," katanya.

"Ketiga, kalau mobilnya pakai brake-operated itu mesinnya pasti sering mati. Karena remnya yang diinjak 3 detik saja, bisa membuat mesin akan mati sendiri. Kebayang kan bagaimana kalau rem terus diinjak, terlebih saat bertemu dengan belokan," tambahnya.

Nah buat Otolovers, jangan pernah melakukan hal ini ya .
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment