Monday, May 16, 2016

Korea Selatan Uji Emisi 20 Mobil, Hanya Nissan Qashqai yang Tak Lolos

  Korea Selatan Uji Emisi 20 Mobil, Hanya Nissan Qashqai yang Tak LolosSeoul - Pemerintah Korea Selatan telah menemukan bahwa Nissan membuat data hasil emisi yang tidak sesuai dengan kenyataannya pada model Nissan Qashqai. Karenanya, Nissan terancam denda senilai 330 juta won (Rp 3,732 miliar).

Diberitakan BBC, Selasa (17/5/2016), Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan telah menguji 20 mobil diesel yang dijual di negaranya. Hanya Nissan Qashqai yang tak lolos uji emisi.

Direktur di Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan, Hong Dong-kon mengatakan, Nissan Qashqai menggunakan perangkat untuk mengurangi emisi. Perangkat pengurangan emisi itu berhenti setelah suhu mesin mencapai 35 derajat celcius, sekitar 30 meint setelah mesin mulai diyalakan.

Biasanya, perangkat pengurangan emisi pada beberapa mobil mati saat suhu mencapai 50 derajat celcius untuk mencegah mesin overheating. Qashqai adalah satu-satunya kendaraan yang mematikan (perangkat pengurangan emisi) pada 35 derajat celcius," kata Hong.

Ketika perangkat tersebut berhenti bekerja, tingkat emisi pada mobil Nissan itu hampir sama atau sedikit lebih tinggi dari mobil diesel Volkswagen yang terjerat skandal pada tahun lalu.

"Semua ahli otomotif berpendapat bahwa itu jelas manipulasi perangkat pengurangan emisi," ujar Hong.

Akibat penemuan ini, pemerintah Korea Selatan meminta kepada Nissan untuk menarik model Qashqai. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga ingin menuntut Kepala Operasi Nissan Korea Selatan.
(rgr/nkn)

0 comments:

Post a Comment