Wednesday, June 29, 2016

Garansindo Tunggu Info Jika Jeep Grand Cherokee Harus Ditarik

Garansindo Tunggu Info Jika Jeep Grand Cherokee Harus DitarikJakarta - Jeep Grand Cherokee di Amerika Serikat diumumkan harus ditarik lantaran transmisinya bermasalah. Tewasnya bintang film Star Trek, Anton Yelchin yang terimpit Jeep Grand Cherokee dikaitkan dengan masalah yang sama.

Lalu, apakah Jeep Grand Cherokee yang dijual di Indonesia juga harus ditarik untuk perbaikan komponen transmisi? Garansindo sebagai agen pemegang merek Jeep di Indonesia sedang menunggu surat perintah recall dari Jeep.

"Belum dapat email, kita lagi nunggu. Di kita enggak banyak kok. Lagi nunggu emailnya, nanti kalau udah ada emailnya keluar nomor VIN (vehicle identity number/nomor identitas kendaraan yang terkena dampak recall," kata CEO Garans indo, Muhammad Al Abdullah atau yang akrab disapa Memet menjawab pertanyaan detikOto saat ditemui di Kemang, Jakarta.

Memet mengatakan, unit Jeep Grand Cherokee yang dijual di Indonesia diproduksi di pabrik yang sama yaitu di Amerika. Jadi, jika Jeep Grand Cherokee yang dijual di Indonesia harus ditarik, Garansindo pun siap membantunya.

"Yang di Indonesia sama, satu pabrik itu. Makanya kalau ada, kita panggil. Recall ya recall, why not? Enggak masalah. Daripada dicuekin, mending di-recall," ucap Memet.

Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, Fiat Chrysler Automobiles melakukan penarikan kembali sekitar 1,1 juta kendaraan di seluruh dunia. Pengendara dibikin bingung dengan transmisi mobil. Saat diparkir dengan transmisi di posisi P, kendaraan malah nyelonong sendiri.

Salah seorang pengendara di Walton, Indiana mengatakan dia meninggalkan mesin Jeep Grand Cherokee model 2015 menyala saat berhenti sejenak untuk mengirim DVD. Dia mengaku suda h mengatur transmisi dengan benar saat parkir.

"Anak saya, 23 tahun, yang sedang duduk di kursi penumpang berteriak, ' Ayah mobil jalan sendiri'. Saya langsung kembali ke dalam mobil dan menginjak pedal rem saya melihat indikator perpindahan gigi dan saya dengan pelan-pelan memindahkan transmisi ke P," ujarnya.

Kebingungan tidak hanya terjadi pada pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraan. Salah seorang pengendara di Rochester Hills, Michigan malah tabrakan gara-gara transmisi yang kacau.

"Saya berniat untuk mundur, saya pindahkan gigi ke posisi R (Reverse), mobil tidak mundur, tapi malah menabrak mobil lain yang diparkirkan di seberang jalan," ujarnya.

Kasus terakhir telah menewaskan bintang film Star Trek, Anton Yelchin. Jeep Grand Cherokee yang ditunggangi Yelchin secara tiba-tiba bergerak mundur dan mengimpitnya ke gerbang halaman rumah.

Jeep Grand Cherokee yang dikendarai Anthon Yelchin masuk ke salah satu dari 1,1 juta un it mobil yang masuk dalam daftar tarikan Fiat Chrysler pada April lalu.
(rgr/nkn)

0 comments:

Post a Comment