Thursday, March 7, 2013

57 Persen Warga Jakarta Kena Imbas Pencemaran Gas Buang Kendaraan

57 Persen Warga Jakarta Kena Imbas Pencemaran Gas Buang Kendaraan Jakarta - Gabungan Industi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat dari total kendaraan 9,2 juta mobil yang beroperasi di Indonesia 2,5 jutanya berada di Jakarta dan tahun lalu bertambah 230.000 atau bertambah 10 persen.

Itu artinya betapa padatnya Jakarta oleh kendaraan bermotor baik roda 4 maupun roda 2. Dengan begitu dampak yang dirasakan selain macet juga polusi udara akibat gas buang kendaraan itu sendiri.

Forum Udara Bersih Indonesia (FUBI) Ahmad Sarifudin menuturkan kalau 57 Persen masyarakat Jakarta terkena imbas atas pencemaran udara (penyempitan saluran pernafasan) akibat gas buang kendaraan yang beredar.

"Dari total keseluruhan sedikitnya 57 persen masyarakat Jakarta yang terkena dampaknya. Ini tentu sangat merugikan kita semua," ungkap Ahmad Safrudin dalam acara Workshop Pemeriksaan dan Perawatan Kendaraan Bermotor (Uji Emisi) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Dengan demikian, pada 2010 lalu masyarakat Jakarta harus membayar uang berobat sebesar Rp 38,5 triliun. Itu murni biaya yang harus dibayarkan sesorang untuk membayar akibat pencemaran udara.

"Ini bukan kami yang melakukan survei tapi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia," lugasnya.

Setiap tahunnya, angka tersebut selalu meningkat seiring dengan pertumbuhan kendaraan yang terus meroket.

"Penyakitnya juga macam-macam seperti ISPA, sesak nafas dan lain sebagainya. Dan biaya itu juga belum termasuk multiplayer efek tapi murni biaya seseorang untuk membayar sakit akibat pencemaran udaran" tandasnya.

(ady/ikh)

0 comments:

Post a Comment