Thursday, March 7, 2013

KIA Provo Menuai Kontroversi

KIA Provo Menuai Kontroversi Jeneva - KIA akhirnya buka-bukaan crossover Provo di ajang Geneva Motor Show 2013. Mobil tersebut banyak kelebihan tidak hanya dari segi desain tapi mesin 1.600 cc turbocharger yang menggerakan roda depan.

Namun di balik pengembang mobil tersebut, ternyata KIA diprotes oleh sejumlah pihak. Seorang politisi dari Irlandia Utara, Gregory Campbell menyebut mobil tersebut menuai reaksi negatif di Inggris dan Irlandia.

Dia menyebutkan KIA Provo sebagai kata "Provos" atau julukan The Privisional Irish Republican Army yang dianggap sebagai pasukan pemberontak di Irlandia Utara (IRA).

Para pemberontak tersebut selalu menyebut dirinya "The Troubles" ketika tengah melakukan aksinya. Akibat konfilk tersebut menyebabkan 2.000 orang tewas dalam kurun waktu 1967 sampai 1997, dimana mencoba memecahbelah Irlandia Utara dari Inggris.

Campbell pun emosi dengan mobil tersebut dan mengutuk penggunaan nama 'Provo'. Dia pun mendesak KIA jangan mencoba menjual mobil KIA Provo di Inggris dan Irlandia.

Menanggapi hal ini, Direktur Komunikasi KIA Global Michael Choo mengatakan tidak ada maksud menyinggung peristiwa memilukan tersebut. Dia menyatakan ini adalah murni kreasi KIA dalam menghasilkan mobil sport di masa depan.

"Mobil itu sendiri adalah sebuah keindahan dan itu disayangkan bentrok dengan kejadian ini," kata Michael Choo dilansir WardsAuto, Jumat (8/3/2013).

"Karena mobil ini merupakan mobil konsep yang sangat indah dan itu mendapatkan sambutan hangat dari banyak wartawan yang meliput acara Jenewa," lanjutnya.

Sementara itu KIA merespon dalam sebuah pernyataan resminya. "Sama sekali tidak ada niat oleh Kia Motors Eropa menimbulkan pelanggaran dengan penggunaan nama kendaraan pada mobil konsep terbaru, yaitu KIA Provo Kia," tulis KIA.

Menurut KIA, Provo adalah mobil kompak bernuansa balap. Desain bodinya juga sengaja dibuat menggelembung hingga terkesan lucu dan 'fungky'. Beberapa pecinta otomotif menilai mobil tersebut lebih menarik dari mobil MINI.

Setelah mendengar penjelasan KIA, Gregory agak mereda dan menegaskan bahwa perusahaan multinasional bisa salah dan tidak memahami semua arti pada kata yang digunakan di kendaraan.

"Jelas, sebuah perusahaan multinasional besar kemungkinan tidak menyadari semua konotasi pada nama tertentu," katanya dalam sebuah pernyataan.

KIA Provo adalah crossover 3 pintu dengan 4 penumpang. Tapi di balik itu semua ternyata ada yang pantas disimak yakni penggerak KIA Provo. Dengan desain yang unik tersebut, KIA Provo tersebut digerakan mesin 1.600 cc turbocharger yang menggerakan roda depan.

Mesin tersebut diklaim bisa melontarkan tenaga sebesar 204 Hp. Secara terpisah, juga tersemat motor listrik untuk menggerakkan roda belakang. Artinya KIA Provo disebut sebagai mobil hybrid KIA masa depan.

Menariknya, motor listrik itu bisa mengeluarkan tenaga setara dengan 44 Hp jika digabungkan tenaga yang dilontarkan sebesar 248 Hp. Hasil ini sama saja setara dengan kemampuan mesin 3.500 cc.

KIA Provo adalah hasil rancangan desainer KIA Eropa di studio KIA di Eropa yang bakal diproduksi pada 2015.


(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment