Thursday, March 7, 2013

Siap-siap Ada Razia Penerapan Uji Emisi di Jalan

Siap-siap Ada Razia Penerapan Uji Emisi di Jalan Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia bakal mengadakan razia penerapan uji emisi di jalan raya. Nantinya kendaraan tersebut akan diberhentikan lalu diuji emisi dengan alat yang dimiliki pihak kepolisian.

Menurut Bidang Penegakan Hukum Mabes Polri Joni Leo, razia ini belum akan dilakukan dalam waktu dekat karena masih menunggu payung humum yang tegas dan jelas.

"Kita akan koordinasi dengan Kemenhub dalam hal ini dan juga saat pelaksanaanya," ungkap Joni Leo dalam acara Workshop Pemeriksaan dan Perawatan Kendaraan Bermotor (Uji Emisi) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Sementara itu Joni menambahkan, kalau disuruh mengacu dengan payung hukum yang sekarang ini sudah ada sebenarnya pihak kepolisian sudah siap. Tapi untuk mempertegas pelaksanaanya harus ada ambang batas yang ditentukan di wilayah-wilayah lain termasuk di Jakarta.

"Karena memang kententuan ini tidak hanya untuk di Jakarta, tapi harus seluruh kota di Indonesia," tambahnya.

Nantinya, mekanismenya seluruh kendaraan akan di razia dan akan ada alat uji emisi untuk melaksankan uji emisi itu.

"Jadi kita tidak serta merta dengan tangan kosong ataupun kasat mata. Ada alat portable yang tidak menetap yang nantinya akan bisa digunakan langsung di tempat razia," tutupnya.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment