Tuesday, March 19, 2013

Batasi Gerak Pemalsu SIM dengan Persulit Desain SIM

Batasi Gerak Pemalsu SIM dengan Persulit Desain SIM New York - Tidak hanya Kepolisian Republik Indonesia yang sibuk melawan peredaran Surat Izin Mengemudi (SIM) yang palsu. Pemerintah New York juga pusing dibuat oleh pembuat SIM palsu. Karenanya pemerintah menyusun rencana agar SIM tidak bisa dipalsukan.

Para pejabat di New York saat ini tengah berupaya mempersulit gerak pemalsu SIM. Pasalnya banyak penggunaan SIM palsu berpotensi digunakan untuk kejahatan, bahkan perilaku terorisme.

Dilansir theglobeandmail, Rabu (20/3/2013) desain SIM terbaru di New York tampil dengan desain baru dan retro dengan foto hitam dan putih. Cara pembuatannya juga dengan metode baru dan bahan bakunya juga agak berbeda dari sebelumnya.

Pemerintah New York menyatakan SIM desain terbaru dimulai pada bulan Juli mendatang untuk menggagalkan peredaran SIM palsu yang berkembang sangat cepat dan canggih di daerah tersebut.

"Kami melihat SIM pengendara New York sebagai pertahanan garis pertama," kata Executive Deputy Commissioner of the State Department of Motor Vehicles, J. David Sampson. Dia menambahkan jika pemalsu SIM terus bergerak bebas akan membahayakan pertahanan daerah setemat.

Sayang pemerintah setempat masih menutupi desain dari SIM barunya tersebut. Namun seperti yang diberitakan, desainnya mirip dengan bentuk passpor AS dimana menyimpan seluruh data warga AS.
(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment