Tuesday, March 5, 2013

Ini Dia Mobil Teririt Dunia

Ini Dia Mobil Teririt Dunia Jenewa - Mobil yang diklaim sebagai mobil teririt di dunia akhirnya resmi diluncurkan. Mobil ini adalah Volkswagen XL1 yang diklaim mampu hanya meminum 0,9 liter bensin untuk berjalan sejauh 100 km. Itu berarti efisiensi mobil ini mencapai 133 km/liter!

Mobil unik dengan kapasitas dua penumpang itu baru saja diperlihatkan VW di Geneva Motor Show. Efisiensi mobil ini dapat dicapai berkat penerapan konstruksi yang ringan dari bahan carbon fibre reinforced polymer (CFRP). Teknologi ini tidak hanya membuat mobil ini menjadi ringan, tapi juga aman. Karena itulah tidak salah bila bobot mobil ini hanya 795 kg saja.

Jantung mobil ini memadukan mesin TDI dengan dua silinder berkekuatan 48 PS dengan motor listrik berkekuatan 27 PS. Tenaga listrik yang disimpan di baterai lithium ion itu kemudian dipadukan dan disalurkan melalui transmisi 7-speed dual clutch gearbox (DSG).

Dengan begitu, 12,7 detik adalah waktu yang dibutuhkan mobil ini untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dan melaju hingga kecepatan puncak di angka 160 km/jam.

Dimensi mobil ini lebih pendek dibanding Polo, tapi juga lebih rendah dari Porsche Boxster karena VW XL1 memiliki dimensi panjang 3.888 mm, lebar 1.665 mm dan tingga hanya 1.153 mm.

Menurut rencana, VW akan memproduksi mobil ini dalam jumlah terbatas di pabrik Osnabrueck di Jerman.



(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment