Tuesday, March 5, 2013

Tahun Lalu Indonesia Ekspor 173 Ribu Unit Mobil

Tahun Lalu Indonesia Ekspor 173 Ribu Unit Mobil Jakarta - Deputi Bidang Transportasi Pemprov DKI Sutanto Soehodo mengatakan kalau industri otomotif di Indonesia masih dalam taraf untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja dan belum bisa dibanggakan.

Pernyataan itu langsung disangkal oleh Yohannes Nangoi Ketua II Gaikindo yang menyatakan kalau industri otomotif terutama roda 4 di Indonesia tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan di Tanah Air tapi sudah melakukan ekspor kendaraan keluar Indonesia.

"Di tahun 2012 ada 173 ribu kendaraan yang di ekspor ke luar negeri secara CBU. Jadi kita bikin 173 ribu kendaraan dan kita ekspor ke luar negeri," tegas Yohannes.

Yohannes melanjutkan pemaparannya, salah satu contohnya di Jepang yang banyak kendaraan yang beredar dan berasal dari Indonesia. Dengan demikian industri otomotif di Indonesia sudah bisa diandalkan.

"Kalau Anda ke Jepang bisa dilihat sendiri betapa banyak mobil yang berasal dari Indonesia," katanya dengan tegas.

Selain melakukan ekspor mobil secara CBU ke Jepang, industri otomotif di Indonesia yang tergabung dalam Gaikindo berhasil memperkerjakan 730 ribu pegawai. Itu artinya industri otomotif Indonesia sudah berkembang pesat.

"Kita juga ikut menyumbang pajak yang cukup besar. Tahun lalu sebesar 56 triliun belum termasuk PPH perorangan. Kami juga dianggap oleh pemerintah Indonesia sebagai industri yang berperan penting," tutupnya.

(ady/syu)

0 comments:

Post a Comment