Tuesday, March 5, 2013

Mobil Volvo Kini Bisa Deteksi Sepeda

Mobil Volvo Kini Bisa Deteksi Sepeda Stockholm - Untuk urusan safety, Volvo memang pemimpin di industri otomotif. Banyak inovasi yang sudah mereka tunjukkan ke dunia dan mereka masih belum berhenti. Kini, mereka memperkenalkan teknologi yang mampu mendeteksi adanya sepeda.

Safety memang seperti nama belakang dari merek asal Swedia ini. Sabuk pengaman adalah salah satu produk inovasi mereka, begitu pula soal pengembangan airbag di dunia otomotif.

Bahkan Volvo V40 yang didaulat sebagai mobil teraman di dunia punya airbag yang ada di luar untuk mencegah orang mendapat cedera parah bila tertabrak. Airbag itu akan mengembang menutupi kap mesin bila mobil ini menabrak.

Kini, Volvo kembali menunjukkan inovasinya dengan memperkenalkan fitur keamanan terbaru yang dapat mendeteksi dan secara otomatis melakukan pengereman bila ada pengendara sepeda yang meliuk dan menyalip di depan mobil.

Nantinya, semua mobil Volvo mulai dari V40 S60, V60, XC60, V70, XC70 dan S80 akan mengaplikasi teknologi ini bersama teknologi yang mampu mendeteksi pejalan kaki yang mendekat ke mobil.

"Sebagai pemimpin dalam segi keselamatan, kami telah menjadi yang pertama di industri dengan semua deteksi dan teknologi auto rem," kata Senior Vice President Marketing, Sales and Customer Service Volvo Car Group Doug Speck.

Alasan Volvo mengembangkan teknologi ini adalah karena menurut data kecelakaan, sekitar 50 persen dari semua pengendara sepeda yang tewas di jalanan adalah akibat dari bertabrakan dengan mobil.

"Kami terus bergerak menuju visi jangka panjang kami untuk merancang mobil yang bisa tidak menimbulkan kecelakaan," tambahnya.

Pada dasarnya, teknologi ini bekerja dengan menggabungkan kemampuan kamera yang ada di kaca depan dengan radar yang ada di grille yang mampu mendeteksi pergerakan apa saja di depan mobil. Berkat bidang luas yang dipantau keduanya, mobil ini mampu membaca pola gerakan dari pejalan kaki dan pengendara sepeda untuk menentukan apakah keduanya berbahaya atau tidak.

Bila sistem di mobil menganggap ada bahaya, maka mobil akan secara otomatis mengerem untuk menghindari bahaya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment