Wednesday, March 13, 2013

Mobil Listrik Pertama yang Bisa Dirakit Sendiri di Rumah

Mobil Listrik Pertama yang Bisa Dirakit Sendiri di Rumah London - Selama ini mobil listrik selalu dianggap sebagai mobil canggih yang tidak semua orang bisa merakitnya. Namun, produsen mobil ini ingin mematahkan anggapan tersebut. Mobil listrik buatan mereka bisa dirakit sendiri di garasi rumah. Wah mirip mobil mainan ya?

Birmingham City University dan Westfield Sportscars bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik pertama yang bisa dirakit di rumah.

Mobil itu pun bukan mobil biasa. Sebab, mobil yang bernama iRacer ini adalah sebuah mobil balap. Mobil ini juga akan membalap di kelas sports EV class pada balapan EV Cup series.

Meski bisa dirakit di rumah, mobil ini sejatinya adalah sebuah mobil balap. Karena itulah tidak mengherankan bila kelengkapan mobil yang biasa ada di jalan umum --seperti spion, misalnya-- tidaklah ada.

Dikutip dari gizmag, Kamis (14/3/2013) bila dilihat sekilas, nuansa balap memang sangat kental terasa dengan panjang 3,6 meter dan lebar sekitar sastu setengah meter. Sementara beratnya hanya 770 kg yang membuatnya hanya sedikit lebih berat dari mobil Formula 1.

Jantung mobil ini disokong oleh baterai lithium iron phosphate dengan kapasitas energi 23 kWh, yang seharusnya mampu membawa mobil ini membalap sekitar 25 menit.

Ada dua motor listrik yang menggerakkan roda belakang mobil ini yang masing-masing memiliki tenaga 100 kW atau 132 hp pada rpm 2.000 dengan torsi 400 Nm yang dapat terus menerus dirasakan hingga torsi puncak 750 m.

Dengan begitu, akselerasi dari diam sampai 100 km/jam dapat dicapainya hanya dalam waktu 5 detik saja.

Meski begitu, kekuatan motor listrik mobil ini dibatasi hanya untuk dapat melajukan mobil hingga kecepatan 185 km/jam. Namun bila tidak dibatasi, kecepatan antara 205-220 km/jam pun dapat diraihnya.

Bagi yang menginginkan mobil ini, kedua lembaga yang melahirkannya siap melepasnya dengan harga 13.999 atau sekitar Rp 202,8 jutaan. Namun, harga itu belum termasuk baterai dan motor listrik yang diperkirakan harganya bisa mencapai 3 kali lipat lebih mahal.




(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment