Wednesday, March 13, 2013

Yuk, Buka Usaha Bengkel Body Repair

Yuk, Buka Usaha Bengkel Body Repair Jakarta - Meningkatnya populasi kendaraan di Indonesia tentu saja mendorong berbagai usaha pendukungnya untuk berkembang, termasuk usaha bengkel body repair. Bagi yang tidak tahu, ternyata ada pula waralaba untuk bengkel body repair.

Waralaba unik itu adalah Waralaba Tekno Body Repair yang dikembangkan oleh PT. Jakarta Teknologi Utama, perusahaan yang berada di bawah PT. Sinar Mas Multiartha, Tbk.

Perusahaan yang sudah menjalankan usaha bengkel professional selama 12 tahun di bidang perbaikan body dan pengecatan kendaraan ini membuka waralaba karena adanya peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sejak tahun 2000 hingga 2011 dimana peningkatannya rata-rata sebesar 10-13%.

Dengan begitu, potensi usaha ini pun dikatakan Komisaris PT. Jakarta Teknologi Utama Njoman Sidarta masih terbuka lebar. Hari ini, PT. Jakarta Teknologi Utama pun menandatangani kerja sama dengan PT. Auto Jaya Tekno.

"Ke depan, siapa saja yang ingin kerja sama, mereka hanya menyediakan lahan dan perlengkapan kerja. Manajemen aplikasi, proses pengerjaan bahan, bahan baku, spare part akan dibantu jaringan suplier yang kami miliki, termasuk pengadaan teknisi dan mekanik," jelas Njoman dalam keterangan resminya.

Adapun tujuan waralaba ini dikatakan Njoman adalah untuk membuka peluang kepada pemilik modal untuk menjalankan bisnis dibidang perbengkelan body repair yang menguntungkan, khususnya perbaikan kendaraan roda empat serta menciptakan standar pelayanan bengkel yang baik.

Selain itu dengan adanya Njoman juga berharap dapat semakin memperluas jaringan pelayanan bengkel bagi para pelanggan asuransi yang bekerjasama. Nasabah dapat langsung melakukan pengajuan klaim melalui Tekno Body Repair.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Waralaba Tekno Body Repair, lanjut Njoman, diantaranya adalah sistem aplikasi bengkel (e-Tekno) yang dapat memonitor proses perbaikan kendaraan secara real time, pengadaan teknisi siap pakai, pemberian pelatihan keahlian khusus seperti PDR, dry sanding dll hingga pengadaan spare parts.

"Dan tidak seperti waralaba lain yang menerapkan 'biaya waralaba', kami tidak seperti itu. Semua gratis. Klien hanya tinggal menyiapkan tempat dan peralatan, kami langsung bantu," lugasnya.

"Jangka waktu kerja sama tidak terbatas, Karena menguntungkan kedua belah pihak. Profit marjinnya lebih baik dari deposito," tambahnya lagi.

Untuk pelaksanaan training skill bagi para service advisor, foreman dan head production, PT. Jakarta Teknologi Utama sudah didukung dengan adanya Balai Latihan Kerja (BLK) â€" Eka Tjipta Foundation. Bulan Juli 2012 lalu saja, BLK telah meluluskan sebanyak 41 teknisi dan menyusul pada bulan April 2013 sebanyak 40 teknisi yang ahli di bidangnya.

Pelayanan yang bisa dilakukan waralaba bengkel body repair ini antara lain Paintless Dent Removal (Teknik memperbaiki penyok (Dent) pada body kendaraan tanpa dibutuhkan proses pengecatan), Premier Line bagi nasabah VIP hingga Fast Track Line (Jalur yang didesain khusus untuk perbaikan kerusakan panel kategori ringan (Light-Repair).

Ada pula perbaikan body kendaraan selesai dalam waktu 8 jam, Online Tracking System (sistem yang disiapkan agar Pelanggan dapat mengetahui jadwal perbaikan kendaraan secara keseluruhan dan informasi terkini (up-to-date) atas progress perbaikan kendaraan) secara online, pick up & selivery service serta mobil derek.

Layanan juga didukung dengan teknologi terkini seperti Lift (Scissors, 2 Post Lift), Welding (Spot, Mig/CO2 dan washer), Air Compressor, Dry Sanding, Spectrophotometer â€" Acquire (Computerized Color Matching System) dan Color Laboratorium, serta infra red dryer.


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment