Wednesday, June 19, 2013

Hukuman Bagi Instruktur Safety Riding yang Langgar Aturan Lalin

Hukuman Bagi Instruktur Safety Riding yang Langgar Aturan Lalin Mataram - PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan jika instruktur safety riding Honda ada yang melakukan pelanggaran di jalanan mereka akan mendapatkan hukuman yang cukup berat.

"Masyarakat saat ini sudah berkompetisi di jalanan untuk selamat. Dan instruktur itu contoh. Dan kalau ada yang melanggar mereka akan dipindahkan bagian, karena mereka itu contoh untuk berkendara dengan mengutamakan safety riding," kata Chief Instruktur Safety Riding PT AHM, Anggono Iriawan, di Astra Honda Safety Riding Instructors Competition, di Mataram Lombok, NTB.

Selanjutnya Anggono juga mengingatkan, bahwa Honda telah melakukan pembelajaran tentang safety riding mulai dari kelas paling dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah menengah atas atau kejuaruan.

"Kurikulum CSR sudah melakukan di 22 propinsi tentang safety riding dan kami kemas dengan etika berkendara. Mulai dari PAUD hingga SMA. Kita bangun bukan hanya skill, tapi mental atau attitude yang juga merupakan hal penting disaat berkendara," ujarnya.

Di lomba safety riding kali ini, Honda menggunakan motor CB150R StreetFire sebagai motor yang harus dikuasai para instruktur dan komunitas Honda.

"Tipe motor Honda memang banyak, dan secara khusus tingkat kesulitan itu terletak pada tipe sport. Terlebih saat ini kami belum lama memperkenalkan varian CB150R, oleh sebab itu kami memilih untuk menggunakan CB150R, sehingga kalau sudah lancar ini akan menjadi lebih mudah untuk menggunakan tipe lainnya," kata Anggono.

Lalu apakah penggunaan CB150R bakal mempengaruhi pemenang untuk bisa berlaga di ajang Safty Riding Internasional di Jepang?

"Sebenarnya pada dasarnya setiap instruktur telah memiliki skill berkendara dengan menggunakan setiap jenis tipe. Tapi memang di Jepang sendiri itu ada beberapa kelas, saya saja pernah berkompetisi dikelas 750cc, tapi itu sudah tidak ada," katanya.

"Sehingga jika untuk kompetisi di Jepang (untuk pemenang safety riding Honda 2013), maka kami akan melakukan pelatihan dengan menyesuaikan tipe kendaraannya nanti," tambahnya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment