Thursday, June 27, 2013

Mazda CX-5 Bisa Ngirit BBM 51-95 Liter/Tahun

Mazda CX-5 Bisa Ngirit BBM 51-95 Liter/Tahun Jakarta - Selain mengadopsi penuh teknologi SKYACTIV, Mazda CX-5 2.500 cc juga dilengkapi dengan teknologi i-Stop (Idle-stop system). Teknologi ini dapat secara otomatis menyalakan dan mematikan mesin ketika kendaraan sedang tidak bergerak agar dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Product Planning PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Ari Tristianto Wibowo mengatakan kalau efisiensi bahan bakar akibat teknologi i-Stop ini, CX-5 mesin 2.500 cc bisa mengirit bahan bakar minyak (BBM) yang maksimal.

"Dalam 1 tahun bisa mengirit BBM dari 51 sampai 95 liter per tahun. Teknologi i-Stop bekerja dengan sangat halus dan tetap menawarkan efisiensi bahan bakar yang optimal," ujar Ari dalam peluncuran CX-5 2.500 cc di Parkit, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2013).

Dijelaskannya, teknologi i-Stop ini ketika CX-5 2.5 liter berhenti atau dalam lampu merah mesin akan otomatis berhenti dan ketika lampu hijau atau hendak jalan lagi mesinnya akan menyala sendiri dengan cepat dan halus.

"Dalam hitungan 0,35 detik mesin sudah hidup kembali dan tetap halus sehingga tetap meningkatkan efisiensi bahan bakar," urainya.

Lebih lanjut, i-Stop yang Mazda usung ini inovasi dan cerdas dimana sistem yang menggunakan energi pembakaran saat mesin menyala, teknologi ini juga menggunakan kontrol modul canggih untuk mematikan mesin pada saat pembakaran, siklus yang optimal untuk me-restart.

Cara kerja i-Stop ini dengan menginjak pedal rem secara jantan atau lebih tekan sehingga mesin akan secara otomatis mati dan ketika pedal gas di injak sedikit mesin akan kembali hidup.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment