Thursday, June 13, 2013

Michelin Tutup 2 Pabrik Ban

Michelin Tutup 2 Pabrik Ban Paris - Krisis ekonomi telah melanda Eropa sejak beberapa tahun lalu membuat produsen ban Michelin terpukul. Michelin terpaksa harus menutup dua pabrik mereka di Prancis dan Aljazair.

Kedua pabrik yang ditutup itu adalah pabrik ban truk. Penutupan sendiri dilakukan karena krisis ekonomi yang terus berkepanjangan membuat permintaan truk baru dan pergantian ban truk di Eropa.

Saat ini, permintaanban truk di Eropa 25 persen di bawah permintaan sebelum krisis di 2007. Padahal, saat ini pabrik ban beroperasi hanya 60 persen dari kapasitas produksi.

Selain di Eropa, permintaan ban truk di seluruh dunia juga turun hampir di semua wilayah.

Dengan penutupan dua pabrik ini, Michelin berencana untuk melakukan reorganisasi. Merek asal Prancis ini berkata kalau mereka siap menyediakan 800 juta euro hingga 2019 untuk menguatkan perusahaan dengan pengembangan pabrik-pabrik lain. 220 juta euro diantaranya akan diberikan untuk penelitian.

Di Prancis, pabrik yang ditutup berada di Chambray-lès-Tours, di tengah Perancis yang kini mempekerjakan 930 pekerja.

Dengan penutupan pabrik ini, produksi akan digeser ke pabrik lain di Prancis yakni di La Roche-sur-Yon dimana perusahaan akan menginvestasikan 100 juta euro untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 1,6 juta ban per tahun. 75% diantaranya akan diekspor.

Sementara di Aljazair, pabrik milik Michelin akan dijual ke ke Cevital. Demikian dilansir Wall Street Journal.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment