Tuesday, June 18, 2013

Mobil Kecil Nissan di Mata Desainer

Mobil Kecil Nissan di Mata Desainer Tokyo - Dayz adalah mobil kecil pertama yang dikembangkan Nissan dari goresan para desainernya. Saat mencari ide untuk bentuk mobilnya, para perancang Nissan selalu rajin berkeliling diler untuk meneliti seperti apa keinginan konsumennya.

Direktur Departemen Desain Produk Nissan Motor Koichi Kuraoka saat membuat mobil dia harus benar-benar mengikuti aturan mobil kecil atau K-car (kei car) yang dibuat pemerintah Jepang. Pemerintah membuat aturan yang sangat ketat soal K-car.

"Karena regulasi yang ketat pada panjang dan lebar mobil, banyak kendaraan ringan yang justru terlihat monoton. Saya terus berpikir, apakah kendaraan ringan harus datar?," ujarnya.

Nissan Dayz


Kuraoka kemudian menekankan soal desain yang tidak monoton itu pada desainer bawahannya. "Jangan pernah berpikir Anda tengah mendesain K-Car yang biasa. Coba berpikir kalau mobil ini akan didesain secara global," ujarnya.



Nissan Dayz
Dengan mendesain sesuatu yang tidak disiapkan secara khusus untuk pasar mobil kecil di Jepang dia percaya bahwa desain yang tidak biasa akan muncul. Dan hasilnya terwujud pada Nissan Dayz. "Desain akhirnya sangat spesial," jelasnya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment