Tuesday, June 18, 2013

Premium Mahal, Orang Beralih ke Mobil Diesel?

Premium Mahal, Orang Beralih ke Mobil Diesel? Jakarta - Pemerintah akan menaikkan harga BBM premium Rp 6.500 dan solar Rp 4.500. Terdapat selisih Rp 2.000 antara kedua jenis bahan bakar tersebut. Dengan melihat harga yang lebih murah, apakah pemilik mobil beralih menggunakan mobil bermesin diesel?

Menangapi kondisi ini, pengamat otomotif Suhari Sargo mengatakan tidak segampang yang dipikirkan.

"Belum akan terjadi. Segmentasi pasar (antara mobil bensin dan solar) tidak berubah," yakin Suhari.

Menurutnya, rencana pemerintah yang terus menaikkan harga BBM di pasar minyak Indonesia tidak membuat masyarakat Indonesia lantas beralih ke mobil diesel (solar).

Soalnya volume mobil diesel saat ini masih cukup kecil, dan belum tersedia di semua model mobil seperti sedan, hatchback dan mobil city car. Mobil diesel banyak digunakan oleh mobil jenis SUV.

"Salah satu contoh. Mobil diesel saat ini banyak kendaraan jenis SUV kan. Dan tidak semua orang mau ke SUV. Lagi pula SUV diesel itu banyak dipakai di perusahaan, di perkebunan," ujarnya.

Suhari menjelaskan kebijakan tersebut bisa dipastikan hanya akan menurunkan penjualan kedua jenis mobil tersebut, namun itu pun hanya berlaku sementara.

"Segmentasi pasar tidak berubah. Volumenya saja, masing-masing akan turun gara-gara kenaikan harga BBM dan itu pelemahan ekonomis," tandasnya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment