Tuesday, June 18, 2013

Transmisi Matik Nissan Livina Selalu Menyentak, Normal?

Transmisi Matik Nissan Livina Selalu Menyentak, Normal? Jakarta - Hallo detikOto, saya adalah pemilik kendaraan Nissan Grand Livina automatic, hal-hal yang saya mau tanyakan adalah:

1. Pada saat posisi N saya pindahkan ke D terkadang saya suka rasakan hentakan "dug" dan menurut montir Nissan bahwa hal tersebut adalah normal dan menurut montir apabila tidak ada "sub shock" itu malahan tidak normal. Apakah itu benar?

2. Untuk perpindahan posisi persneling automatic dari posisi D ke 2 ataupun sebaliknya, apakah mobil harus dalam keadaan posisi berhenti total atau bisa langsung ganti pada saat jalan?

Terima kasih untuk penjelasannya.

Wuyouheng

Jawaban:

Hallo juga, salam detikOto.

Pada mobil-mobil bertransmisi otamatik konvensional seperti pada Nissan Livina, memang akan terasa sedikit hentakan ketika gigi dipindahkan, namun hentakan tersebut semestinya tidak terlalu keras dan relatif tidak terasa atau cukup halus dan tidak menimbulkan bunyi.

Apabila terdengar ada bunyi coba lakukan pengecekan pada mounting-mounting mesin, karena keausan atau kerusakan mounting akan membuat mesin getar dan hentakan akan terasa ketika gigi masuk.

Jangan lupa lakukan pengurasan oli perseneling secara berkala disetiap 20.000 km.

Perpindahan gigi persneling dari D ke 2 atau dari 2 ke 1 bisa dilakukan ketika mobil sedang berjalan, semisal ketika mau nyalip atau menghadapi tanjakan tajam dan ingin mendapatkan tarikan seketika maka persneling bisa dipindahkan tanpa harus berhenti dahulu.

Demikian semoga membantu
Salam
Ajat Sudrajat

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment